Tips Memulihkan Flashdisk Rusak yang Terdeteksi No Media

  • 2 min read
  • Mar 26, 2020
cara memperbaiki flashdisk

Tips memulihkan flashdisk – Flashdisk merupakan benda kecil yang digunakan untuk menyimpan banyak file penting. Namun, flashdisk sering kali tidak terbaca pada PC/komputer. Tentunya hal ini akan meresahkan. Namu, hal ini bukan berarti flashdisk sudah rusak atau tidak bisa digunakan lagi. Jika hal ini terjadi, maka jangan terburu-buru untuk membuangnya.

Hal yang biasanya dilakukan untuk mengetahui apakah flashdisk masih bisa digunakan atau tidak dengan mengecek pada Create and Format Hard Disk Partitions pada PC/ komputer. Jika flashdisk tidak rusak maka akan terdeteksi meskipun tidak terbaca pada PC/komputer. Lalu bagaimana jika flashdisk tidak terbaca dan terdeksi No Media pada disk managemant ?

Jika hal tersebu terjadi, maka jangan khawatir karena flashdisk masih bisa diperbaiki. Berikut ini tips untuk mengatasi flashdisk yang terdeteksi no media pada disk management.

Tips Memulihkan Flashdisk dengan CHIP GENIUS

Tujuan mendownload aplikasi chip genius untuk mengetahui informasi flashdisk kemudian akan memudahkan untuk menjalankan langkah-langkah selanjutnya.

  1. Buka browser pada PC/komputer. (Catatan: Jangan sambungkan atau tancapkan flashdisk pada PC/komputer terlebih dahulu)
  2. Ketikkan “CHIP GENIUS” pada kolom pencarian
  3. Pilih dan klik hasil pencarian, contohnya “ChipGenius – USBDev.ru“. Namun, bisa menggunakan hasil pencarian lainTips Memulihkan Flashdisk dengan CHIP GENIUS
  4. Pilih dan download aplikasi chip genius. Direkomendasikan untuk mendownload aplikasi last version
  5. Tunggu hingga download selesai, extract, dan install aplikasinya
  6. Buka aplikasi chip genius. Pada aplikasi tidak terdapat informasi apapun sebelum flashdisk di sambungkan pada PC/komputer

Sambungkan Flaskdisk pada PC/Komputer

Setelah falshdisk disambungkan pada PC/komputer maka akan berisi informasi tentang flashdisk. Informasi tersebut dibutuhkan untuk tahap selanjutnya, yaitu informasi “Controller Part-Number“. Contohnya seperti yang tertera pada gambar dibawah ini nomornya, yaitu CMB2199A tahun 2017. Nomor ini akan digunakan untuk langkah selanjutnya. Abaikan saja informasi yang lain agar tidak kebingungan.

Tips Memulihkan Flashdisk dengan Flash Drive Repair

Tujuan mendownload aplikasi ini untuk memulihkan flaskdisk. Jangan lupa untuk mencari vendor yang sesuai dengan Part Number dan tahun flashdisk.

  1. Buka browser pada PC/komputer
  2. Ketikkan “Flash Drive Repair” pada kolom pencarian.
  3. Pilih dan klik “Flash Drive Repair“. Kemudian cari vendor yang sesuai dengan Part Number flashdiskTips Memulihkan Flashdisk dengan Flash Drive Repair
  4. Namun, untuk memudahkan dalam pencarian flash drive repair yang sesuai untuk flashdisk Anda. Maka langsung saja ketikkan flash drive repair + Part Number flashdisk pada kolom pencarian browser
  5. Jika sudah menemukan flash drive repair yang cocok maka langsung saja download
  6. Setelah download selesai, selanjunya extract file yang telah di download
  7. Install aplikasi flash driver repair pada PC/komputer

Memulai pemulihan Flashdisk

  1. Buka aplikasi flash drive repair yang telah di install
  2. Jika aplikasi flash repair drive sesuai dengan part number flash disk maka akan terdeteksi flashdisk pada salah satu kolom. Jika tidak, maka aplikasi flash drive repair tidak cocok/tidak sesuai dengan flashdisk.Tips Memulihkan Flashdisk dengan Flash Drive Repair
  3. Jika sudah terdeksi, langkah selanjutnya klik “Start”
  4. Tunggu hingga proses 100% maka flashdisk akan terdeteksi pada PC/komputer

Flashdisk yang telah dipulihkan dapat digunakan seperti awal. Namun, perlu diingat bahwa cara ini tidak bisa mengembalikan file-file yang sebelumnya telah tersimpan pada flashdisk. Cara ini hanya untuk memulihkan flashdisk agar bisa digunakan kembali.

Dsamping itu, setidaknya flashdisk Anda tidak akan terbuang sia-sia. Anda bisa menggunakannya seperi sedia kala. Perhatikan langkah demi langkah agar tidak ada kekeliruan dan bisa dengan cepat memulihkan flashdisk yang tidak terdeteksi sebelumnya pada PC/komputer.

Selamat mencoba. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!