Daftar Perintah CMD Keren yang Wajib Diketahui

  • 4 min read
  • Apr 20, 2019
Perintah CMD Keren

Walaupun Windows adalah sistem operasi berbasis GUI (graphical user interface), tetapi Windows mempunyai sebuah tool CLI (command line interface) yang bisa digunakan untuk menjalankan berbagai perintah. Tool CLI Windows tersebut adalah CMD (Command Prompt).

CMD jarang digunakan oleh kebanyakan pengguna Windows. Hal ini dikarenakan fitur yang biasa digunakan di Windows dapat dijalankan dengan mode GUI tanpa memerlukan CMD, kecuali memang beberapa perintah yang sangat teknis. Tetapi, walaupun begitu ternyata ada beberapa perintah CMD keren yang harus kamu ketahui.

Mungkin kebanyakan pengguna Windows menggunakan CMD hanya untuk sekadar mengecek kecepatan koneksi internet melalui perintah ping. Tetapi, CMD lebih dari itu. Masih banyak perintah-perintah lainnya yang sangat jarang dipakai. Perintah-perintah ini dibuat bukan tanpa alasan. Perintah-perintah tersebut dibuat khusus menggunakan CMD karena biasanya tidak disediakan dalam mode GUI Windows. Dan berikut TipSaku berikan 5 perintah CMD keren yang jarang diketahui.

5 Perintah CMD Keren

Sebelum menjalankan perintah-perintah berikut, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka CMD terlebih dahulu. Cara membuka CMD di Windows bisa melalui kotak pencarian atau melalui perintah Windows Run.

Yang pertama, ketik CMD di kotak pencarian, lalu klik kanan Command Prompt dan pilih Run As Administrator agar mendapatkan hak akses atau privilige penuh. Yang kedua, tekan tombol shortcut Win + R dan ketik CMD, lalu tekan Enter.

Tapi, disarankan untuk menggunakan cara pertama agar mendapatkan hak akses yang penuh sehingga bisa menggunakan perintah apapun.

#1 Menonton Star Wars

Tak perlu ke bioskop, kamu bisa menonton Star Wars menggunakan CMD, hanya saja Star Wars versi ASCII. Fitur ini merupakan salah satu fitur unik yang ada di CMD.

Untuk menonton Star Wars di CMD, kamu perlu mengaktifkan fitur Telnet terlebih dahulu di Windows. Karena, secara default fitur Telnet ini tidak aktif. Kamu harus mengaktifkannya melalui Windows Features. Cari Turn Windows features on or off di kotak pencarian, lalu buka. Scroll ke bawah sampai kamu menemukan Telnet Client. Centang Telnet Client dan klik tombol Ok.

Aktifkan Fitur Telnet Client

Sekarang, kamu bisa menonton Star Wars versi ASCII di CMD. Gunakan perintah berikut.

telnet towel.blinkenlights.nl

Menonton Star Wars Dengan CMD

Jika sudah selesai, pastikan juga bahwa kamu menonaktifkan kembali fitur Telnet. Caranya sama, buka Windows Features, cari Telnet Client dan hilangkan centangnya, lalu klik tombol Ok.

#2 Menyembunyikan Folder

Pertama buka CMD as Administrator dan ubah working directory-nya ke lokasi folder yang dikehendaki. Lalu, jalankan perintah attrib +h +s +r nama_folder.

Sebagai contoh, nama folder yang ingin disembunyikan adalah Contoh, maka berikut perintahnya.

Menyembunyikan Folder Dengan CMD

Seketika folder tersebut menghilang. Untuk mengembalikannya, cukup jalankan perintah attrib -h -s -r nama_folder.

Dan jika lupa nama folder-nya, gunakan perintah dir /AH pada working directory tersebut, maka CMD akan menampilkan daftar folder.

Menampilkan Daftar Folder

Folder yang disembunyikan dengan perintah CMD hanya dapat dilihat melalui CMD itu sendiri. Cara ini jelas jauh lebih aman daripada menyembunyikan folder dengan cara klik kanan folder > Properties > centang opsi Hidden.

#3 Enkripsi atau Dekripsi Folder dan File

Perintah CMD keren selanjutnya adalah enkripsi folder dan file. Tidak banyak pengguna yang mengetahui bahwa ada perintah CMD yang dapat digunakan untuk mengenkripsi folder atau file. Perintah CMD tersebut adalah cipher.

Perintah ini dapat mengenkripsi sebuah folder sekaligus semua file yang ada di dalamnya. Perintah cipher juga dapat digunakan untuk mendekripsi folder atau file yang sudah dienkripsi.

Untuk mengenkripsi folder dan file menggunakan CMD, buka CMD as Administrator terlebih dahulu. Selanjutnya, ubah working directory ke lokasi folder yang ingin dienkripsi menggunakan perintah cd (change directory).

Pastikan nama folder yang akan dienkripsi tidak mengandung karakter spesial dan spasi. Contohnya, TipSaku ingin mengenkripsi folder dengan nama Contoh dan seluruh isinya. Folder ini terletak di C:\Users\nz\Documents. Maka, berikut perintah cd nya.

Cara Mengubah Working Directory CMD

Kamu juga bisa melakukan drag and drop folder agar dapat langsung mendapatkan lokasi folder tanpa harus mengetikkan manual.

Kemudian, cukup jalankan perintah cipher /e /s:Contoh untuk mengenkripsinya.

Enkripsi Folder Dengan CMD

/e merupakan perintah untuk enkripsinya, sementara /s untuk mengeksekusi folder tersebut dengan seluruh isinya baik file maupun subfolder di dalamnya.

Maka folder Contoh dan semua isinya telah berhasil dienkripsi. Semua file atau folder yang dimasukkan ke dalam folder tersebut juga akan otomatis ikut terenkripsi.

Kamu tetap bisa membukanya dan seperti tidak terjadi apa-apa, hanya muncul ikon gembok berwarna kuning sebagai tanda enkripsi.

Folder Terenkripsi

Namun, folder atau file yang dienkripsi tersebut tidak akan bisa dibuka dan akan muncul warning baik di akun Windows lain maupun ketika dicopy dan dibuka di PC lain.

Untuk mendekripsinya, cukup jalankan CMD seperti di atas, bedanya kali ini ubah perintahnya menjadi cipher /d /s Contoh. Di mana /s adalah perintah untuk dekripsi.

Dekripsi Folder Dengan CMD

Perlu diperhatikan bahwa enkripsi folder atau file ini hanya berlaku di sistem file NTFS saja.

#4 Membuat Folder yang Tidak Bisa Dihapus

Perintah CMD keren yang keempat adalah membuat folder yang tidak bisa dihapus. Perlu diketahui bahwa Windows mempunyai beberapa keywords atau kata kunci. Kata-kata ini sudah diatur oleh Windows agar tidak bisa digunakan sebagai sebuah nama atau variabel, termasuk nama folder dan file. Beberapa keywords tersebut antara lain aux, con, lpt1, lpt2, lpt3, lpt4, lpt5, lpt6, lpt7, lpt8 dan juga lpt9.

Kamu tidak bisa membuat, merename atau menghapus folder dengan nama salah satu keyword di atas. Tetapi, kamu dapat membuatnya melalui CMD, agar nantinya folder tersebut tetap bisa digunakan seperti folder biasa, tapi tidak bisa direname dan dihapus, kecuali melalui CMD juga.

Berikut perintah CMD untuk membuat folder yang tidak bisa dihapus.

Membuat Folder yang Tidak Bisa Dihapus CMD

md aux\ atau md con\ atau gunakan keyword di atas yang lainnya.

Folder yang dibuat tidak akan bisa dihapus, tetapi subfolder atau isinya tetap bisa dihapus.

Folder Tidak Dapat Dihapus

Untuk menghapus folder tersebut, kembali buka CMD dan gunakan perintah rd aux\ atau rd con\ sesuai dengan nama folder yang dibuat. Pastikan juga isi folder sudah kosong sebelum dihapus.

#5 Backup Otomatis

Dan perintah keren CMD yang terakhir adalah backup. Untuk melakukan backup otomatis mungkin bisa menggunakan layanan cloud sync & backup yang dapat mencadangkan file ke cloud storage dengan mudah. Namun, melakukan backup ke cloud storage memerlukan koneksi internet yang stabil agar proses backup dapat dilakukan dengan lancar. Jika kamu ingin melakukan backup tanpa koneksi internet, maka kamu bisa menggunakan local storage atau penyimpanan lokal. Hal ini juga berlaku jika kamu lebih nyaman mencadangkan file ke penyimpanan lokal seperti flashdisk, secondary drive, atau harddisk eksternal. Dan kamu bisa menggunakan CMD untuk melakukan backup otomatis ke local storage.

Untuk melakukan backup menggunakan CMD, cukup jalankan perintah berikut:

robocopy c:\users\nz\documents f:\backup\documents /copyall /e /r:0 /dcopy:t /mir

Keterangan:

  • c:\users\nz\documents adalah lokasi folder yang ingin dibackup.
  • f:\backup\documents adalah lokasi tujuan backup.

Agar perintah backup CMD tersebut berjalan secara otomatis, maka kamu bisa menggunakan task scheduler Windows. Dengan begitu, kamu sudah mempunyai layanan backup otomatis ke local storage.


Demikian 5 perintah CMD keren yang jarang diketahui. Silahkan coba satu per satu perintah CMD di atas dan dapatkan pengalaman baru menggunakan CMD.