Cara Mudah Melihat Password Wi-Fi yang Tersimpan di Android (Tanpa Root)

  • 4 min read
  • Apr 29, 2019
Cara Menggunakan WiFi Master Key

Seiring perkembangan zaman, pengguna smartphone Android mulai beralih ke teknologi Wi-Fi untuk mengakses internet dibandingkan menggunakan kuota atau paket data. Ada banyak sekali alasan mengapa lebih banyak orang memilih menggunakan Wi-Fi. Salah satunya adalah kecepatan akses internet yang jauh lebih kencang dibandingkan saat menggunakan kuota. Selain itu, biasanya Wi-Fi juga tidak mempunyai batas atau unlimited terhadap jumlah paket data yang bisa dipakai. Berbeda dengan kuota yang biasanya dibatasi dan dibagi menjadi beberapa kapasitas.

Ketersediaan Wi-Fi juga semakin mudah ditemukan di berbagai tempat. Hampir seluruh tempat atau fasilitas umum sudah mempunyai akses Wi-Fi gratis, seperti pusat perbelanjaan, kafe, restoran, bahkan tempat cuci kendaraan. Biasanya, Wi-Fi dilindungi oleh kata sandi atau password sehingga setiap pengguna yang ingin menggunakannya harus mengetahui password-nya terlebih dahulu. Lalu, bagaimana jika lupa password Wi-Fi? Untungnya ada beberapa cara mudah melihat password Wi-Fi yang tersimpan di Android tanpa root.

Cara Melihat Password Wi-Fi yang Tersimpan di Android Tanpa Root

Sering kali terjadi ketika kita sudah pernah terhubung dengan suatu Wi-Fi, lalu kita ingin mengetahui atau melihat password-nya karena lupa. Tetapi, tidak tahu caranya.

Memang tidak ada cara umum yang dapat dilakukan melalui aplikasi pengaturan atau setelan default smartphone Android untuk melihat password Wi-Fi. Tetapi, kamu tetap bisa melihat password Wi-Fi yang tersimpan di Android, bahkan tanpa akses root sekalipun.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari melihat di router/Mi-Fi/perangkat keras Wi-Fi-nya secara langsung sampai menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Berikut cara mudah melihat password Wi-Fi di Android tanpa root.

#1 Melihat Melalui Password Default yang Ada Pada Badan Router

Cara melihat password Wi-Fi yang pertama ini hanya bisa digunakan pada Wi-Fi yang kamu punya saja. Jika kamu telah membeli Wi-Fi dan sudah pernah terhubung, tetapi lupa dengan passwordnya, maka jangan khawatir. Jika kamu tidak pernah mengganti password default Wi-FI tersebut, maka kamu tetap bisa melihat password default-nya melalui stiker yang ditempelkan pada router Wi-Fi.

Setiap router atau modem Wi-Fi pasti mempunyai password default. Password default ini biasa dituliskan dalam sebuah stiker yang ditempelkan pada badan router. Bisa di dalam atau pada bagian belakang. Jika ada di dalam cukup buka casing-nya, maka kamu akan melihat nama Wi-Fi beserta password default-nya. Dengan begini, kamu sudah bisa melihat password default Wi-Fi yang tersimpan di Android tanpa root.

#2 Melihat Password Wi-Fi melalui Halaman Admin Router

Setiap router atau perangkat keras Wi-Fi pada dasarnya mempunyai halaman admin yang bisa diakses melalui browser di smartphone Android. Halaman admin ini mempunyai berbagai macam fitur, mulai dari mengganti nama Wi-Fi sampai melihat dan mengganti password-nya.

Pertama, pastikan smartphone Android sudah terhubung dengan Wi-Fi. Selanjutnya, buka browser yang ada di smartphone Android, misalnya Google Chrome. Buka alamat yang kamu dapatkan dari stiker router tadi, biasanya http://192.168.0.1 atau http://192.168.0.2. Jika sudah dimuat, kamu bisa langsung melihat password Wi-Fi yang tersimpan itu.

#3 Menggunakan Aplikasi WiFi Master Key

Cara melihat password Wi-Fi di Android tanpa root yang kedua menggunakan aplikasi tambahan pihak ketiga dari Google Play Store. Nama aplikasinya adalah WiFi Master Key.

Buka Google Play Store > cari WiFi Master Key > Install.

Aplikasi WiFI Master Key

Setelah dipasang, langsung saja buka aplikasi WiFi Master Key ini. Aplikasi WiFi Master Key akan meminta beberapa perizinan agar bisa berjalan dengan baik, maka beri izin tersebut dengan memilih opsi Ya atau Izinkan jika muncul notifikasi. Selanjutnya, pastikan kamu sudah menyalakan Wi-Fi di smartphone Android kamu terlebih dahulu.

Cara Menggunakan WiFi Master Key

Secara otomatis, aplikasi WiFi Master Key akan mendeteksi Wi-Fi aktif yang terdekat. Daftar Wi-Fi akan ditampilkan, pilih salah satu dan klik tombol Sambungkan. Secara otomatis, aplikasi WiFi Master Key akan menghubungkan Android kamu dengan Wi-FI. Ketika sudah terhubung, coba masuk ke halaman admin untuk mengetahui password. Caranya sama seperti pada cara yang kedua. Buka browser dan ketikkan alamat halaman admin umum, http://192.168.0.1 atau http://192.168.0.2. Jika ada kolom username dan password, coba isikan “admin” dan “admin” tanpa tanda petik. Jika berhasil masuk, kamu bisa melihat password Wi-Fi.

#4 Menggunakan Aplikasi Wi-Fi Router Settings

Masih menggunakan aplikasi pihak ketiga, cara ketiga ini menggunakan aplikasi bernama Wi-Fi Router Settings.

Cari Wi-Fi Router Settings di Google Play Store dan install aplikasinya. Pastikan kamu sudah terhubung dengan Wi-Fi sebelum membuka aplikasi ini.

Aplikasi WiFI Router Settings

Dengan menggunakan Wi-Fi Router Settings, kamu dapat melihat password Wi-Fi yang terhubung di Android tanpa root, bahkan kamu juga bisa mengatur pengaturan router-nya tanpa perlu masuk ke halaman admin. Selain itu, Wi-Fi Router Settings juga sudah mendukung banyak model Wi-Fi yang sering dipakai.

Fitur WiFI Router Settings

#5 Menggunakan ES File Explorer

Dan cara melihat password Wi-Fi yang tersimpan di Android tanpa root terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi file manager atau pengelola file pihak ketiga.

Pada dasarnya setiap kali smartphone Android kamu berhasil terhubung dengan sebuah Wi-FI, maka password Wi-Fi tersebut akan disimpan secara otomatis di direktori sistem. Maka, kamu memerlukan sebuah file manager. Tetapi, tidak semua file manager dapat mengakses direktori sistem ini tanpa root. Jadi, kamu perlu sebuah file manager yang mempunyai akses ke root atau direktori sistem. Salah satu file manager yang mempunyai kemampuan tersebut adalah ES File Explorer.

Dengan metode ini, maka kamu bisa melihat semua password Wi-Fi yang tersimpan atau yang pernah terhubung dengan smartphone Android kamu, baik Wi-Fi kantor, Wi-Fi sekolah maupun Wi-Fi teman.

Langkah pertama, install aplikasi ES File Explorer File Manager terlebih dahulu. Kamu bisa mencarinya di Google Play Store, tetapi jika tidak ada maka kamu bisa mencarinya sendiri internet, atau bisa melalui link di bawah ini.

Download ES File Explorer

Biasanya, jika akan meng-install aplikasi yang bersumber dari luar, selain Google Play Store atau pasar bawaan smartphone, akan muncul notifikasi yang mengharuskan kamu mengaktifkan perizinan untuk menginstal aplikasi dari sumber tidak dikenal.

Caranya, buka Setelan > Setelan tambahan > Privasi > centang opsi Sumber tidak dikenal.

Mengizinkan Instalasi Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal

Lalu, silakan coba lagi install ES File Explorer. Setelah berhasil di-install, langsung buka ES File Explorer. Pada saat pertama kali dibuka, ES File Explorer akan meminta izin untuk mengakses, foto, media dan file yang ada di perangkat, tekan opsi Ya atau Izinkan.

ES File Explorer

Kemudian, masuk ke folder data/misc/wifi dan buka file wpa_supplicant. conf atau cari saja nama file tersebut.

Buka file wpa_supplicant. conf dengan menggunakan text viewer atau HTML viewer. ES File Explorer juga biasanya sudah mempunyai text viewer-nya sendiri.

Akan ditampilkan daftar nama SSID atau Wi-Fi yang pernah terhubung dengan Android kamu beserta password-nya.

Tetapi, cara terakhir ini tidak selalu berhasil, tergantung pada versi ES File Explorer dan smartphone Android yang kamu gunakan. Ada beberapa HP Android yang tetap membutuhkan izin root untuk mengakses folder root dan melihat daftar Wi-Fi yang tersimpan dan passwordnya.


Itulah cara melihat password Wi-Fi yang tersimpan di HP Android tanpa root. Mulai dari sekarang, catat dan jangan pernah lupakan password Wi-Fi agar kamu tidak repot ketika ingin menghubungkannya kembali ya.