Cara Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

  • 2 min read
  • Apr 01, 2019
Install Bash Linux - Cara Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

Bourne Again Shell atau yang lebih dikenal dengan singkatan Bash, merupakan salah satu program shell. Program bash ini bisa digunakan untuk menjalankan berbagai perintah. Pada sistem operasi Linux juga ada yang namanya Bash Linux. Dan kabar baiknya, Windows 10 telah mempunyai Bash Linux milik Ubuntu. Bash Linux telah ditanamkan pada Windows 10 sejak era update anniversary. Artinya, ada cara mengaktifkan Bash Linux di Windows 10.

Fitur Bash Linux ini akan terus ada pada Windows 10 hingga update terbaru sampai saat ini. Bash Linux akan sangat berguna bagi seorang pengembang atau developer. Dengan Bash Linux, kamu dapat meng-install dan menjalankan berbagai aplikasi linux di Windows 10. Berikut TipSaku bagikan cara mengaktifkan Bash Linux di Windows 10.

Cara Install dan Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

#1 Aktifkan Fitur Windows Subsystem for Linux

Secara default, fitur Bash Linux WSL (Windows Subsystem for Linux) telah dinonaktifkan oleh Windows. Fitur ini dinonaktifkan sejak pertama kali kamu meng-install Windows. Oleh karena itu, kamu perlu mengaktifkan fitur Windows Subsystem for Linux terlebih dahulu.

 

Windows features - Cara Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

Caranya, ketik “Turn Windows features on or off” pada kotak pencarian dan buka menu tersebut. Akan muncul jendela baru yang berisikan semua fitur-fitur Windows. Gulir ke bawah dan centang opsi fitur Windows Subsystem for Linux.

Windows Subsytem for Linux - Cara Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

Klik tombol Ok. Dan restart komputer ketika ada permintaan restart.

#2 Aktifkan Developer Mode

Setelah melakukan langkah pertama, masih ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum meng-install Bash Linux di Windows 10. Lanjutkan dengan mengaktifkan Developer Mode yang ada di pengaturan.

Buka Settings > Update & Security > For Developer dan pilih Developer Mode.

Developer mode - Cara Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

Jika ada pertanyaan, tekan saja tombol Yes untuk konfirmasi.

#3 Install Bash Linux Ubuntu Melalui CMD

Langkah terakhir adalah dengan meng-install dan men-download Bash Linux milik Ubuntu melalui Command Promt atau CMD.

Buka CMD as Administrator. Caranya, ketikkan CMD di kotak pencarian, klik kanan dan pilih Run as Administrator.

CMD - Cara Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

Sebelum melanjutkan, pastikan komputer kamu terhubung dengan internet. Jika sudah, ketik Bash pada CMD dan tekan Enter.

Install Bash Linux - Cara Mengaktifkan Bash Linux di Windows 10

Akan ada konfirmasi instalasi, ketik Y dan tekan Enter.

Maka secara otomatis Windows akan men-download dan meng-install Bash. Masukkan username dan password UNIX yang kamu inginkan sesuka hati ketika diminta. Dan tunggu prosesnya hingga selesai.

#4 Cara Menggunakan Bash Linux di Windows 10

Setelah kamu berhasil men-download dan meng-install Bash Linux sampai selesai dengan mengikuti ketiga langkah di atas, maka Bash Linux siap kamu gunakan.

Caranya, buka CMD dan ketik perintah Bash dan tekan Enter. Kamu bisa menggunakan Bash ini layaknya terminal Ubuntu Linux.

Untuk keluar dari Bash, cukup ketikkan perintah Exit dan tekan Enter.


Sekarang kamu bisa meng-install dan menjalankan berbagai aplikasi Linux di Windows 10. Tetapi, jika tidak terlalu kamu butuhkan, lebih baik jangan install Bash Linux. Karena nantinya hanya akan menghabiskan ruang penyimpanan Windows 10 kamu. Itulah cara mengaktifkan Bash Linux di Windows 10.