7 Cara Menambah Subscriber Youtube Sampai 1000 Subscriber

  • 4 min read
  • Apr 12, 2019

YouTube kembali menaikkan syarat monetize (agar channel YouTube segera diterima AdSense lalu mendapat penghasilan dari setiap video yang di-upload) menjadi 1000 subscriber. Maka, setiap youtuber pemula dengan channel baru, sangatlah sulit untuk menambah subscriber langsung menjadi 1000 secara gratis begitu saja.

Sudah rajin upload video YouTube terbaru setiap hari, namun jumlah subscriber tak kunjung mendekati angka 1000. Kamu pun kecewa dan kehilangan semangat untuk terus membuat video terbaru. Tapi tak perlu patah semangat, kamu bisa menambah subscriber hingga 1000 dengan cara yang lebih strategis.

“Menambah subscriber” yang akan dibahas di sini adalah menambah subscriber dengan cara yang benar dan tidak melanggar kebijakan YouTube sehingga channel tidak akan bermasalah/banned.  Sekarang sudah terdapat banyak trik untuk menambah subscriber dengan cepat, seperti: membeli subscriber, sub4sub dan lainnya yang akan membuat channel YouTube bisa terkena banned.

Lalu bagaimanakah cara menambah subscriber YouTube yang benar dan tidak melanggar kebijakan YouTube?

Berikut 7 cara menambah subscriber sampai 1000 subscriber:

#1. Tingkatkan Kualitas Video untuk Menarik Lebih Banyak Subscriber

meningkatkan kualitas video youtube agar subscriber bertambah jadi 1000

Cara yang pertama dan paling utama untuk menambah subscriber hingga minimal 1000 adalah dengan meningkatkan kualitas video yang di-upload ke YouTube. Karena dengan video yang berkualitas maka penonton akan betah menonton video kamu dan kemungkinan akan di-subscribe pun semakin besar.

Jika ingin menjadi seorang youtuber sukses tentu harus membuat konten/video yang berkualitas dan dapat bermanfaat kepada penonton atau viewers. Dalam membuat konten atau video berkualitas bisa berhatikan poin-poin di bawah ini:

#1.1 Proses Pembuatan Video

Cara yang pertama untuk membuat video yang berkualitas adalah dengan memperhatikan proses pembuatan video agar menghasilkan video yang bagus dengan menggunakan software atau aplikasi edit video yang lengkap.

Untuk youtuber vlog, prank atau lainnya yang menggunakan kamera dalam proses pengambilan video maka harus memperhatikan kejernihan video, angle dan lainnya. Sedangkan untuk youtuber seperti gaming atau tutorial harus memperhatikan kualitas suara (jika memakai suara) dan lainnya.

#1.2 Editing Video YouTube yang Lebih Bagus

edit video youtube

Cara selanjutnya adalah proses editing video untuk mempercantik dan menyempurnakan video yang sudah diambil. Dalam proses ini youtuber bisa menggunakan efek atau fitur lainnya yang harus ditambahkan dalam video, selain efek youtuber juga bisa memotong video yang sekiranya kurang bagus atau membosankan. Sang youtuber juga bisa menambahkan music background atau menambahkan teks untuk menyempurnakan video yang akan diunggah ke YouTube.

#2. Jadwalkan Video yang Di-upload ke YouTube

upload ke youtube

Selanjutnya, youtuber bisa membuat jadwal untuk kapan saja video akan di-upload sehingga penonton atau subscriber bisa mengetahui kapan video terbaru akan diunggah dan dapat menontonnya.

Penjadwalan upload bisa disesuaikan dengan kesibukan di dunia nyata, jika kamu sibuk maka penjadwalan upload bisa satu minggu satu kali upload atau dua kali upload dalam seminggu. Namun, jika kamu tidak terlalu sibuk di dunia nyata bisa diberi jadwal dua hari satu kali upload atau bahkan upload setiap hari jika memungkinkan.

#3. Perhatikan SEO Setiap Video yang Kamu Upload ke YouTube

SEO youtube

Jika sudah membuat video yang bagus, selanjutnya kamu harus memperhatikan SEO yang akan membuat video kamu mudah ditemukan oleh pengguna YouTube baik di mesin telusur, Suggestion, atau Home.

Dalam hal ini, kamu bisa membuat judul yang menarik dan tidak membuat judul yang aneh dalam video. Hal pertama yang akan pengguna ketik dalam pencarian YouTube adalah judul, artinya jika judul video kamu aneh dan tidak popular maka kemungkinan untuk video kamu ditemukan di pencarian youtube akan kecil.

Tak hanya itu, youtuber juga harus memperhatikan deskripsi dan tag yang digunakan pada video sehingga membuat video kamu mudah ditemukan.

Kamu bisa mengisi deskripsi dan tag yang relevan dengan isi video atau tidak keluar dari isi video. Dengan begitu maka video kamu akan lebih mudah ditemukan pada pencarian. Dengan video yang mudah ditemukan maka subscriber pun akan berdatangan dengan sendirinya ke channel kamu.

#4. Buat Thumbnail Video YouTube yang Menarik

thumbnail yang menarik

Elemen yang tidak kalah penting dalam konten YouTube adalah thumbnail atau gambar sampul video yang akan pertama dilihat sebelum pengguna YouTube mengklik video yang ingin ditonton.

Oleh sebab itu youtuber dituntut untuk membuat thumbnail yang bagus dan menarik sehingga membuat pengguna YouTube tertarik untuk menonton video kamu dan subscriber pun akan berdatangan, semoga-semoga hingga 1000 subscriber.

Dalam pembuatan thumbnail yang menarik, youtuber bisa membuat thumbnail atau sampul video dengan menambahkan beberapa efek atau penambahan teks namun tidak keluar dari isi video dan bisa menggunakan warna yang cerah sehingga pengguna YouTube tertarik untuk mengklik video kamu.

#5. Promosi Ke Media Sosial

Trik selanjutnya yang harus dilakukan agar subscriber bertambah hingga 1000 adalah dengan promosi video ke media sosial kamu.

Kamu bisa share atau promosi video yang sudah di-upload di YouTube ke media sosial sehingga teman kamu di media sosial dapat menonton dan viewer serta subscriber akan bertambah dengan sendirinya.

Namun, kamu harus tepat dalam mempromosikan video kamu dengan mempromosikan pada tempat yang tepat atau share ke grup dengan tema yang sama dengan isi video sehingga kemungkinan video kamu akan ditonton jauh lebih besar.

#6. Pasang Iklan lewat AdWords Demi Menambah Subscriber

subscriber

Cara terakhir untuk menambahkan subscriber di pembahasan ini adalah dengan mempromosikan video lewat AdWords secara berbayar.

AdWords adalah bagian dari Google yang memungkinkan youtuber untuk mempromosikan video secara berbayar. Dengan menggunakan fitur ini video kamu akan muncul di beranda YouTube secara tiba-tiba dan bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna YouTube sehingga lebih banyak subscriber berdatangan.

#7. Mengingatkan Penonton untuk Subscribe

subscribe

Cara yang paling klasik dan popular dilakukan adalah dengan mengingatkan penonton atau viewer supaya mengklik tombol subscribe.

Kamu bisa mengingatkan penonton untuk subscribe dengan cara mengingatkan dengan kata-kata, seperti “jangan lupa untuk subscribe channel ini” atau kata-kata lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan animasi subscribe ke video kamu atau teks yang mengingatkan penonton untuk subscribe channel kamu.

Lalu mengapa cara ini begitu penting untuk menambah subscriber?

Biasanya penonton sering meninggalkan video setelah menontonnya tanpa mengklik tombol subscribe. Hal ini bisa terjadi karena video yang ditonton tidak menarik atau lupa untuk subscribe. Sehingga dengan mengingatkan penonton untuk subscribe, maka kemungkinan penonton untuk subscribe makin besar.


Nah, itu dia 7 cara menambah subscribe sampai 1000 subscriber dengan cara yang baik dan benar sehingga tidak akan terkena masalah oleh YouTube. Kamu bisa menerapkan 7 cara di atas pada channel kamu sehingga subscriber akan bertambah dengan sendirinya.

Namun, yang terpenting jika kamu ingin menjadi seorang youtuber yang sukses adalah kesabaran, pantang menyerah dan konsisten sehingga subscriber akan bertambah.