7 Cara Mempercepat/Membersihkan RAM di Windows 10/7/8/8.1

  • 4 min read
  • Apr 20, 2019

RAM (Random Access Memory) merupakan salah satu hardware atau perangkat keras komputer yang turut mempengaruhi kinerja komputer itu sendiri. Laptop atau komputer zaman sekarang biasanya dilengkapi dengan kapasitas RAM yang bervariasi, mulai dari 2GB sampai 64GB. Besarnya kapasitas RAM mempengaruhi seberapa bagus dan cepatnya RAM tersebut.

Cara Mempercepat dan Membersihkan RAM

Kecilnya kapasitas RAM yang digunakan merupakan salah satu alasan terbesar mengapa kinerja PC/laptop menjadi lambat. Solusinya adalah upgrade RAM ke kapasitas yang lebih besar. Tapi, tentu saja hal itu membutuhkan uang yang tidak sedikit. Disamping hardware yang memang tidak memadai, ada satu alasan lagi mengapa kinerja laptop lambat, yaitu karena banyaknya software yang bekerja.

Selain menambah RAM, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mempercepat kinerja laptop, yaitu dengan mempercepat dan membersihkan RAM.

Dan berikut TipSaku sajikan 7 cara membersihkan dan mempercepat RAM:

#1 Menonaktifkan Visual Effect Windows 10/7/8/8.1

Cara membersihkan RAM yang pertama adalah dengan mengubah pengaturan visual effect Windows. Windows mempunyai beberapa visual effect yang berguna untuk mempercantik dan memperindah tampilannya. Namun, efek-efek visual tersebut juga memakan RAM yang cukup banyak. Kinerja laptop yang lambat akan sangat terasa jika kamu menggunakan kapasitas RAM yang kecil. Solusinya adalah dengan menonaktifkan beberapa visual effect. Atau kamu juga bisa menonaktifkan semua visual effect Windows yang akan memberikan performa jauh lebih baik lagi.

Cara untuk membuka pengaturan visual effect Windows adalah melalui This PC. Klik kanan This PC > Properties.

Membuka Advanced System Settings Melalui This PC

Akan muncul jendela baru yang berasal dari Control Panel. Lihat pada menu sebelah kiri, pilih Advanced system settings.

Membuka Advanced System Settings Dari Control Panel

Muncul jendela baru lagi, pada bagian Performance, klik tombol Setting… dan pengaturan visual effect Windows akan muncul.

Di sini kamu bebas mengatur visual effect, kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkannya melalui centang yang ada di masing-masing opsi visual effect. Windows juga menyediakan beberapa pilihan khusus untuk visual effect. Untuk mempercepat RAM dan meningkatkan performa laptop secara drastis, pilih opsi Adjust for best performance. Klik tombol Apply kemudian Ok.

Menonaktifkan Visual Effect Windows

Sekarang, semua visual effect dinonaktifkan dan kamu akan mengalami perubahan yang cukup banyak. Kamu mungkin tidak biasa dengan tampilan yang seperti ini, tetapi hal ini dapat membersihkan RAM dan performa laptop kamu benar-benar meningkat.

#2 Uninstall Software yang Tidak Digunakan

Cara uninstall software yang tidak digunakan merupakan salah satu cara yang ampuh juga. Selain dapat mengosongkan kapasitas penyimpanan, uninstall software juga bisa membersihkan dan mempercepat RAM. Biasanya banyak orang yang tetap membiarkan software yang tidak digunakan. Padahal, software yang tidak digunakan juga bisa memakan penggunaan RAM. Apalagi jika ukurannya cukup besar. Segera cek software apa saja yang tidak digunakan dan uninstall.

Uninstall software bisa melalui Settings dan Control Panel. Jika melalui Settings, maka buka Settings > Apps. Kamu akan melihat daftar software yang ter-install. Klik yang ingin dicopot, dan klik tombol Uninstall.

Uninstall Aplikasi Melalui Settings

Jika melalui Control Panel, buka Control Panel > Programs > Programs and Features. Klik 2x pada software yang ingin di-uninstall.

Uninstall Aplikasi Melalui Control Panel

3. Jalankan Fitur ReadyBoost Menggunakan Flashdisk

Cara mempercepat RAM yang selanjutnya menggunakan flashdisk, jadi pastikan bahwa kamu mempunyai sebuah flashdisk dengan kapasitas minimal 2GB. Microsoft telah membuat fitur ReadyBoost pada Windows yang memungkinkan kamu untuk menambah memory virtual dari flashdisk. Cara ini lebih cocok dan efektif jika kamu menggunakan laptop dengan kapasitas RAM yang kecil, seperti 2GB atau kurang.

Flashdisk yang akan digunakan juga harus memenuhi beberapa syarat, di antaranya:

  • Kecepatan menulis 1.75MB/detik untuk menulis setiap 512KB.
  • Kecepatan membaca 2.5MB/detik untuk membaca setiap 4KB.
  • Waktu akses 1 milidetik atau kurang.
  • Mempunyai kapasitas minimal 256MB memory.

Tetapi, jangan khawatir. Karena biasanya spesifikasi di atas sudah menjadi standar flashdisk zaman sekarang.

Berikut cara mempercepat RAM dengan ReadyBoost:

Pertama, masukkan flashdisk ke salah satu port USB. Klik kanan drive flashdisk dan pilih Properties.

Pada jendela properti flashdisk, pilih tab ReadyBoost. Pilih radio button Use this device dan gunakan slider untuk mengatur seberapa besar memory virtual yang ingin digunakan.

Perlu diketahui, jika flashdisk kamu menggunakan format FAT32, maka memory virtual yang dapat diperoleh maksimal hanya sebesar 4GB. Tapi, jika menggunakan format NTFS, maka maksimal memory virtualnya sampai 32GB.

#4 Tutup Aplikasi yang di Belakang Layar

Biasanya, banyak aplikasi yang terbuka secara otomatis tanpa diketahui. Aplikasi yang terbuka ini akan berjalan di belakang layar. Walaupun berjalan di belakang layar, aplikasi ini tetap mengkonsumsi RAM PC/laptop. Jadi, tutup aplikasi yang tidak digunakan yang berada di belakang layar. Kamu bisa menggunakan Task Manager untuk melakukannya.

Buka Task Manager. Bisa melalui kotak pencarian, atau shortcut tombol CTRL + Shift + Esc.

Daftar Aplikasi yang Berjalan di Belakang Layar

Lihat pada bagian Background processes. Di situ akan ditampilkan daftar aplikasi yang berjalan di belakang layar. Kamu bisa memilih aplikasi yang ingin ditutup dan tekan tombol End task. Tapi, kamu harus berhati-hati karena aplikasi sistem juga termasuk ke dalam daftar ini. Jadi, hanya tutup aplikasi yang kamu kenal dan tidak digunakan.

#5 Disable Program Startup yang Tidak Digunakan

Masih berhubungan dengan Task Manager, cara membersihkan RAM selanjutnya adalah dengan men-disable program startup yang tidak digunakan. Program startup ini berasal dari aplikasi atau program yang otomatis dibuka pertama kali pada saat Windows melalui tahap startup setelah booting.

Semakin banyak program startup maka tentu saja semakin lambat kinerja laptop dan semakin banyak jumlah RAM yang dikonsumsi.

Buka Task Manager, pilih tab Startup. Pilih program startup yang ingin dinonaktifkan, dan tekan tombol Disable.

Disable Startup

Kamu juga perlu berhati-hati karena biasanya aplikasi sistem juga ada dalam daftar program startup, contohnya adalah Windows Security notification icon. Hanya disable startup dari aplikasi yang kamu install dan jangan disable program startup sistem bawaan Windows untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

#6 Rutin Lakukan Scan Virus

Tanpa diketahui, virus juga dapat memakan resource RAM yang digunakan. Walaupun ukurannya yang relatif kecil, tetapi jika dalam jumlah yang banyak juga dapat mempengaruhi performa. Oleh karena itu, selalu lakukan scanning virus menggunakan antivirus yang kamu gunakan secara rutin.

Jika tidak mempunyai antivirus, maka Windows Defender bawaan Windows juga sudah lebih dari cukup.

Scan Virus Menggunakan Windows Defender

#7 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Dan cara membersihkan RAM yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Banyak sekali aplikasi RAM cleaner yang tersedia di internet, tapi TipSaku merekomendasikan kamu untuk menggunakan CCleaner.

Mempercepat RAM Menggunakan CCleaner

Karena, ukuran aplikasi CCleaner relatif jauh lebih kecil dibandingkan aplikasi-aplikasi pihak ketiga lainnya. Tetapi, walaupun kecil fitur yang diberikan cukup banyak. Kamu bisa mempercepat RAM dengan cara menganalisa dan menjalankan cleaner di CCleaner. Kamu juga dapat mencari file registry yang rusak atau yang sudah tidak digunakan dan menghapusnya. Dan yang terakhir, dengan CCleaner kamu juga bisa menonaktifkan program-program startup tanpa harus membuka Task Manager.


Begitulah 7 cara membersihkan RAM dan mempercepat RAM PC/laptop di Windows. Jika semua cara di atas tidak berhasil atau kurang efektif, maka mungkin hardware laptop kamu saja yang memang kurang memadai dan harus melakukan upgrade RAM. Karena, pada dasarnya meng-upgrade RAM adalah cara yang paling ampuh untuk mempercepat RAM.