8 Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

  • 4 min read
  • Jun 27, 2019
Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

Seiring perkembangan, macOS terus mengalami pembaruan dan dukungan dari Apple. Sampai dirilisnya versi macOS terbaru, yaitu macOS Mojave. Dengan segala kelebihannya, banyak pengguna Windows yang ingin ikut merasakan berbagai macam fitur dan tampilan unik macOS Mojave. Terlebih lagi pengguna Windows 10. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara membuat tampilan Windows 10 seperti macOS Mojave.

MacOS Mojave

Apple merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar yang ada di dunia hingga saat ini. Banyak produk yang berhasil dibuat Apple dan laku keras di pasaran, salah satunya adalah mac. Mac merupakan perangkat komputer khusus buatan Apple yang menggunakan sistem operasi khusus bernama macOS. MacOS paling baru yang dirilis oleh Apple saat ini adalah macOS Mojave.

MacOS Mojave dirilis tahun lalu dengan membawa berbagai macam fitur dan kelebihan. MacOS Mojave mempunyai beragam fitur yang unik dan tampilan visual yang sangat modern. Salah satu hal yang menjadi ciri khasnya adalah fitur Dynamic Desktop yang memungkinkan wallpaper macOS Mojave berubah otomatis dari pagi sampai malam.

Namun, karena macOS Mojave dibuat khusus untuk mac, maka tentu saja pengguna perangkat komputer lain tidak bisa merasakan sensasi menggunakan macOS Mojave. Selain itu, harga sebuah mac juga relatif lebih mahal. Walaupun begitu, tetap saja banyak pengguna Windows yang ingin merasakan fitur dan mempunyai tampilan visual seperti macOS Mojave.

Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

Walaupun Windows 10 tidak sama dengan macOS Mojave, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tampilan visual Windows 10 mirip seperti macOS Mojave.

Cara membuat tampilan Windows 10 seperti macOS Mojave bisa dilakukan dengan mudah. Ada cara yang memanfaatkan fitur-fitur bawaan dari Windows 10 itu sendiri dan ada juga cara yang membutuhkan beberapa software tambahan.

Berikut 8 cara membuat tampilan Windows 10 seperti macOS Mojave.

#1 Aktifkan Dark Mode

Salah satu fitur unggulan yang ada pada macOS Mojave adalah dark mode. Dark mode ini memungkinkan tampilan visual macOS menjadi gelap.

Beruntungya, fitur dark mode juga sudah tersedia di Windows 10. Dark mode sudah mulai tersedia di Windows 10 versi 1803. Jadi, pastikan kamu sudah update Windows 10 kamu minimal sampai versi 1803.

Berikut cara mengaktifkan dark mode di Windows 10.

Buka Settings > Personalization > Colors dan pada opsi Choose your color pilih Dark.

Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

Setelah itu, agar lebih bernuansa gelap, hilangkan centang Automatically pick an accent color from my background. Pilih opsi custom color, lalu pilih warna gelap yang sesuaiDan yang terakhir, centang opsi Title bars and windows borders.

Dengan cara mengaktifkan dark mode di Windows 10, maka seketika tampilan visual Windows 10 menjadi gelap seperti macOS Mojave.

#2 Instal WinDynamicDesktop

Fitur unggulan lainnya dari macOS Mojave adalah Dynamic Desktop. Dynamic Desktop adalah wallpaper desktop macOS Mojave yang berganti secara otomatis dari pagi sampai malam tergantung zona waktu di lokasi macOS tersebut.

Kamu bisa merasakan fitur Dynamic Desktop ini dengan meng-install aplikasi pihak ketiga bernama WinDynamicDesktop. Aplikasi ini bisa disebut sebagai Dynamic Desktop versi Windows.

WinDynamicDesktop memungkinkan tampilan wallpaper Windows 10 kamu sama persis seperti Dynamic Desktop pada macOS Mojave.

Download WinDynamicDesktop dari GitHub

Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

Download WinDynamicDesktop versi terbaru dari GitHub terlebih dahulu, lalu install seperti biasa. Buka WinDynamicDesktop, masukkan kota tempat tinggal. Dan yang terakhir, atur agar WinDynamicDesktop otomatis dijalankan setiap kali PC dinyalakan melalui system tray.

Buka system tray dari taskbar > klik kanan ikon WinDynamicDesktop > centang opsi Start from boot.

Sekarang, tampilan Windows 10 kamu akan semakin mirip seperti macOS Mojave dari pagi, siang sampai malam.

#3 Pasang Wallpaper macOS Mojave

Jika kamu tetap ingin merasakan fitur dan tampilan Dynamic Desktop, tetapi tidak mau meng-install aplikasi tambahan, maka kamu bisa menggunakan wallpaper macOS Mojave khusus untuk Windows 10.

Download wallpaper macOS Mojave untuk Windows 10

Pilih resolusi untuk keempat wallpaper macOS Mojave yang sudah di-download tadi. Lalu buat 1 folder yang berisikan ke empat wallpaper tersebut.

Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

Sekarang, buka Settings > Personalization >Background ubah opsinya menjadi Slideshow > Browse dan pilih folder yang sudah dibuat tadi. Yang terakhir, ubah opsi Change picture every menjadi 6 hours.

Sekarang kamu tetap bisa membuat tampilan wallpaper Windows 10 kamu sama seperti macOS Mojave yang berubah dari pagi sampai malam tanpa harus memasang aplikasi tambahan.

#4 Pindahkan Taskbar ke Atas dan Sembunyikan

Tampilan identik tiap versi macOS adalah taskbar yang berada di atas, termasuk macOS Mojave. Agar menjadikan tampilan Windows 10 semakin mirip seperti macOS Mojave, pindahkan taskbar Windows 10 kamu ke atas.

Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

Cara memindahkan posisi taskbar bisa melalui Settings > Personalization > Taskbar > Taskbar location on screen > Top.

Atau kamu juga bisa klik kanan taskbar > Taskbar settings > Taskbar location on screen > Top.

Dan centang opsi Automatically hide the taskbar in desktop mode untuk menyembunyikan taskbar secara otomatis.

#5 Instal Fences

Di macOS Mojave, ada sebuah fitur yang bernama Stacks. Stacks ini berfungsi untuk merapikan desktop dan mengelompokkan file dan folder yang ada di desktop secara otomatis.

Di Windows 10, kamu bisa meng-install aplikasi Fences agar bisa mendapatkan fitur yang sama. Namun, Fences merupakan aplikasi berbayar seharga $10. Walaupun begitu, kamu dapat menikmati free trial nya selama 30 hari.

Download Fences

Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

Setelah menginstal Fences, kamu akan diminta untuk memasukkan alamat email valid. Selanjutnya, klik link aktivasi trial yang telah dikirim ke email tadi. Setelah selesai melakukan aktivasi, kamu bisa menikmati fitur Fences selama 30 hari ke depan gratis.

Dengan Fences, tampilan desktop Windows 10 mirip seperti macOS Mojave.

#6 Aktifkan Preview Pane atau Details Pane

MacOS Mojave mempunyai fitur tampilan Gallery View di Finder-nya. Fitur ini memungkinkan Finder menampilkan file dalam mode galeri lengkap dengan detail dan metadatanya.

Di Windows 10, kamu juga bisa membuat tampilan File Explorer seperti Gallery View di Finder macOS Mojave.

Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

Caranya, buka File Explorer > View > Preview Pane atau Details Pane. Maka file akan ditampilkan dengan ukuran besar pada panel sebelah kanan. Untuk melihat detail dan metadatanya, kamu bisa mengaktifkan Details Pane.

#7 Instal QuickLook

Pada macOS Mojave, pengguna dimungkinkan untuk melihat isi file dengan cara “mengintipnya” tanpa harus membukanya menggunakan fitur yang bernama Quick Look. Kamu juga bisa menikmati fitur ini di Windows 10 dengan menggunakan aplikasi bernama QuickLook.

Download QuickLook dari Microsoft Store

Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

Cara kerja aplikasi QuickLook benar-benar sama seperti fitur Quick Look yang ada di macOS Mojave. Cukup install dan jalankan QuickLook, lalu pilih salah satu file dan tekan tombol spasi untuk melihat isi file-nya.

Karena dapat mendeteksi jenis file secara otomatis, QuickLook bisa digunakan untuk segala jenis file.

Dengan menggunakan aplikasi QuickLook ini, Windows 10 kamu mempunyai fitur tambahan yang tampilannya seperti macOS Mojave.

#8 Install Mouse Cursor dan Pointer macOS

Dan cara terakhir dari 8 cara membuat tampilan Windows 10 seperti macOS Mojave adalah dengan meng-install mouse cursor dan pointer macOS.

Cursor yang ada pada macOS sedikit berbeda dengan cursor khas Windows dan terkesan lebih indah dengan animasi uniknya. Agar tampilan Windows 10 semakin mirip lagi dengan macOS Mojave, maka sentuhan terakhirnya adalah dengan meng-install mouse cursor macOS yang dibuat khusus untuk Windows.

Mouse cursor dan pointer macOS ini dapat di-install baik di Windows 32-bit maupun Windows 64-bit.

Download mouse cursor dan pointer macOS dari GitHub

Setelah di-download, ekstrak file-nya. Buka folder capitaine-cursors-master > .windows > klik kanan file Install.inf > pilih Install.

Setelah instalasi selesai, buka Control Panel > cari “mouse” tanpa tanda petik > Mouse.

Cara Membuat Tampilan Windows 10 Seperti MacOS Mojave

Jendela Mouse Properties akan terbuka, pilih tab Pointers dan ganti Scheme menjadi Capitaine Cursors. Klik OK.


Demikian 8 cara membuat tampilan Windows 10 seperti macOS Mojave. Dengan melakukan cara-cara di atas, maka sekarang tampilan Windows 10 kamu akan sangat mirip dan keren layaknya macOS Mojave.