Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri di Android

  • 4 min read
  • Jul 30, 2019
Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri di Android

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan lintas platform yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Beberapa bulan yang lalu, aplikasi yang biasa disebut dengan singkatan WA ini meluncurkan fitur stiker. Dengan fitur ini, kamu bisa mengirim dan menerima stiker. Kamu juga bisa mengetahui cara membuat stiker WhatsApp sendiri di Android kamu.

Perbedaan Stiker WhatsApp dan Stiker LINE

Selain WhatsApp, LINE sudah terkenal terlebih dulu sebagai salah satu aplikasi pengirim pesan terbaik di Android. Dulu, LINE lebih digemari pengguna karena menyediakan berbagai stiker yang bisa di-download walaupun memakan RAM yang cukup banyak.

Sekarang, WhatsApp juga mempunyai fitur stiker. Bahkan, kamu bisa membuat stiker WA dari foto wajah sendiri. Berikut beberapa perbedaan antara stiker WA dan stiker LINE.

#1 Gratis dan Berbayar

Pada aplikasi WhatsApp, kamu bisa menggunakan semua stiker yang tersedia secara gratis. Kamu bisa mengirim stiker WA dan download stiker WhatsApp dengan gratis tanpa perlu mengeluarkan uang sama sekali.

Hal ini berbeda dengan LINE. Pada aplikasi LINE, ada stiker yang gratis dan berbayar. Untuk stiker yang mempunyai berbagai macam bentuk hanya bisa kamu dapatkan dengan cara membelinya di toko LINE. Sementara stiker LINE gratis tidak mempunyai berbagai bentuk dan fitur seperti stiker LINE berbayar.

#2 Stiker WA Tidak Bisa Bergerak dan Mengeluarkan Suara

Di LINE, ada beberapa stiker yang mempunyai animasi. Animasi tersebut memungkinkan stiker LINE dapat bergerak dan mengeluarkan suara secara bersamaan. Sementara pada aplikasi WhatsApp stiker yang bisa bergerak dan mengeluarkan suara belum tersedia.

#3 Bisa Membuat Stiker Sendiri dan Menggunakan Stiker Orang Lain

Di LINE kamu diharuskan membeli stiker orang lain jika ingin menggunakannya. Sementara di WA, kamu bisa dengan bebas menggunakan stiker yang dibuat orang lain.

Kamu juga bisa membuat stiker WhatsApp sendiri di Android kamu. Yang kamu perlukan hanya beberapa aplikasi pendukung seperti aplikasi edit foto dan aplikasi pengunggah stiker di WhatsApp.

#4 Di WhatsApp Bisa Salin Stiker Orang Lain

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, selain gratis, semua stiker WA juga bisa disalin atau di-copy tanpa aplikasi tambahan oleh semua penggunanya. Kamu bisa menyalin dan menyimpan stiker milik orang lain.

Cara menyalin stiker orang lain di WhatsApp sangat mudah. Cara menyalin dan mengirim stiker WA sama seperti cara meneruskan pesan WA. Berikut cara menyalin stiker di WhatsApp.

Jika kamu menemukan stiker WA lucu dari pengguna lain, tahan pada stiker tersebut dan tekan tombol teruskan yang ada di bagian atas. Tombol teruskan ini mempunyai simbol panah ke arah kanan. Cara ini sama persis seperti cara meneruskan pesan di WA.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri di Android

Selain bisa menggunakan stiker bawaan yang disediakan oleh WhatsApp, kamu juga bisa menggunakan stiker WhatsApp buatan kamu sendiri.

Cara membuat stiker WA sendiri cukup mudah dan bisa dilakukan di semua HP Android. Kamu hanya perlu 2 aplikasi pendukung, yaitu aplikasi editing foto untuk menghapus background gambar dan aplikasi untuk meng-upload stikernya ke WA.

Ada juga beberapa aplikasi yang menyediakan dua fitur tersebut sekaligus. Jadi, kamu hanya perlu 1 aplikasi saja untuk mengedit foto dan bisa langsung meng-upload stikernya pada aplikasi yang sama.

Sebelum mengetahui cara membuat stiker WhatsApp, kamu juga perlu mengetahui syarat gambar yang bisa dijadikan stiker WhatsApp.

Syarat Gambar untuk Stiker WhatsApp

Tidak semua gambar atau foto bisa dijadikan stiker WA. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar gambar bisa dibuat menjadi stiker di WhatsApp. Berikut beberapa syarat gambar untuk stiker WhatsApp:

  • Setiap gambar yang akan dijadikan stiker WhatsApp harus mempunyai background transparan.
  • Stiker harus berukuran 512 x 512 pixels.
  • Setiap stiker harus mempunyai ukuran kurang dari 100KB.
  • Kamu juga harus menyediakan ikon yang akan digunakan untuk mewakili stiker-stiker kamu. Ikon stiker pack ini harus berukuran 96 x 96 pixels dan harus kurang dari 50 KB.

Cara Menghilangkan Background Gambar untuk Stiker WhatsApp dengan Aplikasi dari Google Play Store

Untuk menghilangkan background pada gambar yang akan dijadikan stiker WhatsApp, kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi edit foto. Salah satu aplikasi yang bisa menghilangkan background sekaligus mengunggah stiker ke WhatsApp secara langsung adalah StickerMaker. 

Download StickerMaker di Google Play Store

Membat Paket Stiker WhatsApp Sendiri Dengn StickerMaker

Buka StickerMaker > Create a new stickerpack. Isi Stickerpack name dengan nama paket stiker kamu dan isi kolom Stickerpack author dengan nama kamu. Dan tekan tombol Create.

Pilih paket stiker yang sudah dibuat. Lalu, pilih salah satu opsi untuk memilih gambar yang akan diedit dan dijadikan stiker WA. Kamu juga bisa memilih wajah sendiri dari foto-foto yang ada di galeri Android kamu.

Memilih Gambar untuk Membuat Stiker WhatsApp

Setelah memiilih gambar, edit gambar sesuai selera dan gunakan fitur Freehand untuk menghapus background gambar secara otomatis.

Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Jika sudah selesai, tekan tombol Yes, save sticker.

Jangan lupa juga untuk membuat ikon paket stiker kamu dengan menambahkannya di Tray Icon.

Cara Memasukkan dan Mengirim Stiker ke WhatsApp

Setelah menghilangkan background gambar menjadi transparan dan sudah membuat stiker WA kamu sendiri, langkah cara membuat stiker WA selanjutnya adalah memasukkan stiker yang sudah kamu buat ke WhatsApp.

Mengunggah Stiker Buatan Sendiri ke WhatsApp

Masih di dalam aplikasi StickerMaker > pilih paket stiker > tekan tombol Add to WhatsApp berwarna hijau yang ada di kanan bawah layar.

Konfirmasi dengan menekan tombol Tambah. Dan secara otomatis paket stiker WA yang kamu buat sendiri akan tersimpan di WhatsApp dan bisa langsung kamu gunakan.

Cara Mendapatkan/Mengambil Stiker WhatsApp User Lain dengan Cara “Add to Favorites”

Selain bisa membuat dan menggunakan stiker WhatsApp sendiri, kamu juga bisa menyimpan dan menggunakan stiker WhatsApp dari user atau pengguna lain.

Cara Mengambil Stiker WhatsApp User Lain

Caranya, klik stiker yang dikirim oleh orang lain > klik tombol Add to Favorites atau Tambah ke Favorit.

Stiker yang ditambahkan ke favorit ini akan muncul pada tab stiker favorit dengan simbol bintang.

Cara Download Stiker WhatsApp

Ada 2 cara download stiker WhatsApp dengan mudah. Cara yang pertama melalui fitur download stiker yang disediakan oleh WhatsApp. Dan cara yang kedua adalah download stiker WhatsApp dari Google Play Store.

Cara Download Stiker WhatsApp dari Keyboard WhatsApp

Cara Download Stiker WhatsApp

Buka WhatsApp > pada keyboard, klik tombol emoji WhatsApp > beralih ke menu stiker > tekan tombol +.

Toko stiker WhatsApp akan terbuka. Pada tab Semua Stiker kamu bisa memilih dan men-download berbagai paket stiker yang disediakan WhatsApp.

Cara download stiker WhatsApp di toko stiker WhatsApp cukup dengan menekan tombol download yang bersimbol panah ke bawah yang ada di ujung kanan pada tiap paket stiker.

Paket stiker yang sudah di-download akan muncul pada tab Stiker Saya dan bisa digunakan seperti biasa.

Cara Download Stiker WhatsApp dari Google Play Store

Selain dari toko stiker WhatsApp, kamu juga bisa men-download stiker WhatsApp di Google Play Store.

Cara Download Stiker WhatsApp dari Google Play Store

Buka Google Play Store > ketik WAStickerApps > pilih salah satu aplikasi stiker > Install seperti biasa.

Tinggal ikuti petunjuk yang ada di dalam aplikasi yang sudah di-download untuk menambahkan paket stiker ke WhatsApp.


Demikian pembahasan lengkap tentang cara membuat stiker WhatsApp sendiri di Android dan cara download stiker WhatsApp gratis. Sekarang kamu bisa lebih berekspresi saat chatting dengan menggunakan stiker WhatsApp.