10 Cara AMPUH Membersihkan RAM Android

  • 4 min read
  • Apr 28, 2019
Cara Hentikan Aplikasi Android Secara Paksa

Kapasitas dan kinerja RAM sangat mempengaruhi performa HP Android. Setiap smartphone Android sudah dibekali kapasitas RAM yang sesuai dengan harga dan juga pemakaiannya. Namun, masih banyak pengguna yang mengeluhkan lambatnya performa Android mereka dikarenakan RAM yang penuh. Oleh karena itu, pengguna Android wajib tahu bagaimana cara membersihkan RAM Android.

Cara Membersihkan RAM Android

RAM yang penuh pada hp Android akan membuat performanya menurun dan bisa memberikan banyak dampak negatif pada aplikasi yang sedang digunakan. Biasanya, aplikasi akan mudah tertutup sendiri atau lebih dikenal dengan istilah force close.

Ada banyak sekali cara membersihkan RAM Android, mulai dari yang manual sampai yang menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut 10 cara membersihkan RAM Android semua merk baik Xiaomi, Samsung, ASUS, Oppo, Vivo, Meizu, Sony dan yang lainnya versi TipSaku.

#1 Hapus Aplikasi Android yang Jarang Digunakan

Cara membersihkan RAM Android yang pertama ini cukup ampuh bagi banyak pengguna. Dengan menghapus aplikasi Android yang jarang digunakan, dapat membersihkan RAM dan menaikkan kinerja HP Android termasuk jika spesifikasi HP itu sangat rendah.

Walaupun aplikasi tidak digunakan, jika tetap disimpan maka aplikasi tersebut tetap bisa memakan RAM dan akan membuatnya penuh. Apalagi jika jumlah aplikasinya banyak. Kamu bisa mengecek aplikasi yang jarang digunakan melalui setelan.

Buka Setelan > Kelola apl > Urut per frekuensi penggunaan.

Melihat Aplikasi yang Jarang Digunakan di Android

Scroll ke bawah dan kamu akan melihat daftar aplikasi yang sudah jarang digunakan. Silakan pilih aplikasi apa saja yang akan kamu hapus. Ada 2 cara menghapus aplikasi di Android.

Yang pertama melalui setelan, caranya masuk ke Setelan > kelola apl > [pilih aplikasi] > Uninstal

Cara Uninstal Aplikasi Android Melalui Setelan

Yang kedua melalui Google Play Store. Masuk ke Google Play Store > Aplikasi & Game Saya > [pilih aplikasi] > Uninstal

Cara Uninstal Aplikasi Android di Google Play Store

#2 Jangan Terlalu Banyak Install Aplikasi di HP Android

Alasan yang paling banyak ditemui kenapa RAM Android selalu penuh adalah karena terlalu banyak aplikasi yang dipasang. Sesuaikan jumlah aplikasi yang di-install dengan kapasitas RAM Android kamu. Jika kamu menggunakan kapasitas RAM yang relatif kecil, misalnya kurang dari 2GB. Maka, jangan meng-install aplikasi terlalu banyak.

Masing-masing aplikasi pasti akan memakan RAM. Jumlah RAM yang dibutuhkan oleh sebuah aplikasi biasanya tergantung pada ukuran serta fungsi aplikasi tersebut. Semakin besar ukuran aplikasi, semakin besar jumlah RAM yang dibutuhkannya. Jadi, cukup install aplikasi-aplikasi yang penting saja dan jangan terlalu banyak install aplikasi atau game.

#3 Hentikan Paksa Aplikasi Android

Jika kamu tidak mau menghapus aplikasi karena dirasa cukup penting dan sering digunakan, tetapi memakan jumlah RAM yang cukup banyak, maka kamu bisa menghentikannya secara paksa. Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Karena, aplikasi yang berjalan di latar belakang juga ikut mengkonsumsi jumlah RAM. Jadi, sebaiknya dihentikan secara paksa.

Cara menghentikan aplikasi secara paksa dilakukan melalui setelan. Pergi ke Setelan > Kelola apl > [pilih aplikasi] > Paksa Henti

Cara Hentikan Aplikasi Android Secara Paksa

#4 Rutin Membersihkan Cache Aplikasi

Setiap aplikasi atau game yang diinstall akan menyimpan beberapa file yang berupa cache secara otomatis. Cache aplikasi ini berguna untuk mempercepat proses menjalankan aplikasi tersebut. Cache ini memang berguna, tetapi jika terlalu banyak dan jarang dibersihkan akan memakan ruang penyimpanan dan menambah beban pada RAM.

Kamu harus membersihkan cache aplikasi secara rutin untuk membersihkan RAM Android. Cache aplikasi bisa dibersihkan melalui aplikasi pembersih bawaan yang ada pada tiap smartphone Android.

Cukup buka aplikasi Pembersih, maka aplikasi akan memindai semua cache aplikasi secara otomatis. Lalu, tekan tombol Bersihkan.

Cara Membersihkan RAM Android

Cara ini cukup efektif untuk membersihkan RAM Android walaupun harus dilakukan secara rutin.

#5 Minimalisir Penggunaan Widget di Android

Pada halaman utama atau halaman pertama saat membuka Android, biasanya sudah terdapat beberapa widget default bawaan Android. Widget-widget default biasanya berupa widget jam, Google dan juga pembersih. Walaupun begitu, pengguna tetap bisa menambah beberapa widget lainnya. Widget bisa berfungsi menjadi shortcut untuk aplikasi atau sekadar menjadi penghias untuk memperindah tampilan saja.

Cara Mengakses Widget di Android

Tetapi, penggunaan widget juga mempengaruhi RAM. Semakin banyak widget yang digunakan semakin banyak RAM yang dimakan. Jadi, minimalisir penggunaan widget untuk membersihkan RAM Android.

#6 Matikan Animasi dan Transisi, Agar HP Android jadi Lebih Cepat

Setiap Android pasti sudah di-setting untuk mempunyai beberapa efek animasi dan transisi. Efek ini tidak terlalu berat bagi smartphone, tetapi jika dinonaktifkan bisa membantu untuk mempercepat performa jika kamu menggunakan kapasitas RAM yang kecil.

Untuk mematikan efek animasi dan transisi, kamu harus membuka pengaturan Opsi Pengembang terlebih dahulu. Caranya, buka Setelan > Tentang telepon > ketuk Nomor model atau Build number beberapa kali sampai muncul pesan “Sekarang Anda adalah seorang pengembang!”.

Dengan begitu, opsi pengembang dapat dibuka. Kembali buka Setelan > Setelan tambahan > Opsi pengembang

Scroll ke bawah, cari skala animasi jendela, skala animasi transisi, dan skala durasi animator. Ubah semuanya menjadi Animasi mati.

Cara Matikan Animas dan Transisi di Android

#7 Hapus atau Downgrade Aplikasi Bawaan

Tiap-tiap smartphone Android sudah dibekali berbagai macam aplikasi bawaan dan aplikasi sistem. Jika kamu jarang menggunakannya, maka sebaiknya kamu hapus saja. Kamu bisa menghapus atau mencopot pemasangan aplikasi melalui Google Play Store.

Buka Google Play Store Aplikasi & game saya > [pilih aplikasi] > Uninstal

Cara Uninstal Aplikasi Android di Google Play Store

Tetapi, hati-hati dalam menghapus aplikasi bawaan. Jangan hapus aplikasi sistem atau aplikasi bawaan yang penting seperti Google.

#8 Pindahkan Aplikasi ke Memori Eksternal

Lokasi default penyimpanan aplikasi adalah di memori internal. Jadi, semua aplikasi yang ter-install berada di memori internal. Jika kamu mempunyai memori internal yang kecil dan aplikasi yang banyak, sebaiknya kamu pindahkan sebagian aplikasi ke memori eksternal. Cara ini berfungsi meningkatkan performa smartphone dan mengurangi beban RAM pada beberapa pengguna. Berikut cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal atau kartu SD.

Buka Setelan > Kelola apl > [pilih aplikasi] > Pindahkan ke kartu SD

Namun, tidak semua aplikasi dan smartphone mempunyai fitur ini. Ada beberapa smartphone yang bisa memindahkan aplikasi ke memori eksternal dan ada juga yang tidak bisa, seperti Xiaomi misalnya.

#9 Install Aplikasi Pembersih RAM Pihak Ketiga

Cara membersihkan RAM Android selanjutnya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sama seperti membersihkan RAM laptop, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan RAM. Tersedia banyak sekali aplikasi RAM cleaner di Google Play Store. Salah satunya adalah CCleaner.

CCleaner adalah aplikasi pembersih RAM dan juga bisa menghapus sampah-sampah yang ada pada smartphone Android kamu.

Buka CCleaner > Analisis > Selesaikan pembersihan untuk membersihkan RAM Android menggunakan CCleaner.

Cara Membersihkan RAM Android Dengan CCleaner

#10 Gunakan Custom ROM Ringan

Cara membersihkan RAM Android yang terakhir adalah dengan menggunakan custom ROM yang ringan. Cara ini mengharuskan kamu untuk melakukan root atau membuka semua akses pada smartphone Android kamu. Custom ROM adalah ROM khusus buatan seorang pengembang atau organisasi pihak ketiga, yang artinya bukan ROM resmi. Oleh karena itu, ada beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya, banyak custom ROM yang jauh lebih ringan dan tidak menggunakan aplikasi bawaan yang banyak sehingga tidak memakan RAM yang terlalu banyak. Tetapi, keamanan custom ROM jelas jauh lebih rentan dibandingkan ROM resmi.

Cara ini sangat beresiko, kemungkinan yang paling parah bisa membuat smartphone Android kamu bootloop atau bahkan mati total. Tetapi, jika kamu memang benar-benar ingin mengganti ROM ke custom ROM, kamu bisa mencari caranya di internet.


Demikian 10 cara membersihkan RAM Android dengan mudah dan cepat. Sesuaikan jumlah dan penggunaan aplikasi dengan kapasitas RAM yang kamu gunakan agar RAM Android kamu tetap bersih dan mempunyai kinerja yang baik.