Cara Mengetahui Daya Listrik yang Dipakai Komputer/Laptop

  • 4 min read
  • Sep 15, 2019
Cara Mengetahui Daya Listrik Komputer atau Laptop Menggunakan Power Supply Calculator

Komputer atau laptop yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari di rumah pastinya juga ikut mengkonsumsi daya listrik. Ada sebagian orang yang penasaran cara melihat berapa watt listrik yang digunakan komputernya. Oleh karena itu, sekarang tersedia beberapa cara mengetahui daya listrik yang dipakai komputer.

Mengetahui seberapa banyak daya yang dikonsumsi oleh penggunaan komputer bukan hal yang wajib bagi setiap orang. Tetapi, dengan mengetahui daya listrik yang dihabiskan oleh komputer kita jadi bisa memperkirakan seberapa sering atau tidaknya kita menggunakan komputer.

Dengan mengetahui seberapa besar daya yang dihabiskan oleh PC, kita juga bisa memperkirakan seberapa besar tagihan listrik selanjutnya yang akan kita dapatkan. Dan masih banyak manfaat lainnya yang akan kita dapatkan.

Cara Mengetahui Daya Listrik yang Dipakai Komputer atau Laptop

Untuk sekadar mengetahui seberapa besar watt yang diperlukan oleh komputer atau untuk charging laptop bukan hal yang sulit. Kamu tidak perlu meminta bantuan tenaga ahli atau petugas listrik.

Ada beberapa jenis cara yang bisa kamu coba. Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu coba. Cara-cara di bawah diurutkan berdasarkan tingkat keakuratannya, dari yang paling rendah sampai yang paling akurat. Berikut 3 cara untuk mengetahui daya listrik komputer atau laptop.

#1 Menggunakan Software LocalCooling

Cara yang pertama untuk bisa mengetahui daya listrik yang dihabiskan oleh komputer adalah dengan menggunakan software. Salah satu software yang mempunyai kemampuan tersebut adalah LocalCooling.

LocalCooling adalah software gratis yang mampu membaca dan mengetahui seluruh komponen PC. Kemudian, dari informasi komponen-komponen tersebut LocalCooling dapat mengestimasi secara otomatis berapa daya (watt) yang dibutuhkan PC.

Cara ini bisa dikatakan sebagai cara yang paling mudah. Karena kamu hanya cukup mengunduh dan meng-install sebuah software gratis pada komputer atau laptop.

Berikut cara mengetahui daya listrik komputer atau laptop menggunakan LocalCooling.

Download dan install terlebih dahulu aplikasi LocalCooling. LocalCooling hanya bisa di-install pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows XP ke atas. Jadi, kamu tidak bisa menggunakan LocalCooling untuk PC Windows Vista apalagi versi di bawahnya.

Download LocalCooling

Jalankan LocalCooling dan klik Settings.

Tampilan Awal LocalCooling

Masuk ke tab My power. Akan tampil informasi-informasi komponen dan hardware serta seberapa besar daya yang dibutuhkannya. Pada bagian bawah, terdapat Estimated power PC usage. Bagian tersebutlah yang mengestimasikan seberapa besar daya yang dibutuhkan oleh komputer atau laptop kamu.

Cara Mengetahui Daya Listrik Komputer atau Laptop Menggunakan LocalCooling

Perlu diketahui bahwa hasil dari software LocalCooling ini masih bersifat estimasi atau perkiraan saja. Bisa saja daya yang dibutuhkan oleh komputer kamu lebih besar karena memperhitungan faktor lain seperti penggunaannya.

Cara yang pertama ini cocok bagi kamu yang ingin praktis dan tidak mau ribet. Apalagi, LocalCooling mempunyai ukuran tidak lebih dari 5MB. Jadi, cara yang pertama ini merupakan yang paling simpel walaupun masih belum terlalu akurat.

#2 Menggunakan Power Supply Calculator

Cara yang kedua masih memanfaatkan komputer atau laptop yang kamu gunakan. Bedanya, pada cara kedua ini kamu tidak menggunakan software tambahan. Melainkan menggunakan sebuah tool yang berbasis web.

Tool ini bernama Power Supply Calculator yang telah dikembangkan oleh OuterVision. Karena berbasis web, jadi kamu membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya.

Kamu juga harus mengetahui jenis atau tipe komponen yang digunakan komputer atau laptop kamu. Karena nantinya kamu harus memasukkan tipe komponennya secara manual.

Berikut cara mengetahui daya yang dipakai komputer atau laptop menggunakan tool Power Supply Calculator.

Kunjungi web Power Supply Calculator. Gulir ke bawah sampai kamu menemukan tab Expert dan Basic.

Pilihan Menu Tool Power Supply Calculator

Pilih salah satu dari kedua menu tersebut. Expert diperuntukkan kepada orang yang lebih paham komponen-komponen komputer lebih lanjut. Sementara Basic untuk orang yang hanya mengetahui nama dan jenis komponennya saja.

Kemudian, silahkan isi semua form dengan benar seperti tipe CPU, motherboard, video cards sampai frekuensi penggunaan PC sehari-hari.

Setelah selesai, klik tombol Calculate berwarna biru.

Cara Mengetahui Daya Listrik Komputer atau Laptop Menggunakan Power Supply Calculator

Tunggu sesaat, maka hasilnya akan muncul. Kamu bisa melihat daya yang dibutuhkan komputer kamu pada kolom Load Wattage.

Hasil Daya Listrik Komputer atau Laptop Menggunakan Power Supply Calculator

Menggunakan Power Supply Calculator lebih akurat dibandingkan software LocalCooling karena kamu memasukkan tipe-tipe komponen secara manual. Bahkan sampai seberapa sering penggunaan komputer atau laptop-nya dalam aktivitas sehari-hari.

#3 Menggunakan Alat Wattmeter yang Bisa Mengetahui Daya Secara Real-Time

Dan cara yang terakhir untuk mengetahui seberapa besar daya yang dikonsumsi komputer atau laptop adalah dengan menggunakan sebuah perangkat.

Perangkat yang dimaksud pada cara ketiga ini adalah Wattmeter. Wattmeter adalah perangkat listrik yang mampu untuk menampilkan daya sampai voltase listrik alat elektronik yang dihubungkan dengannya. Bahkan daya yang ditampilkan oleh Wattmeter merupakan daya real-time atau secara langsung.

Namun, cara yang ketiga ini tidak seperti cara yang pertama dan kedua. Cara yang pertama dan kedua merupakan cara yang gratis dan kamu tidak perlu merogoh dompet. Sementara cara terakhir ini mengharuskan kamu untuk mengeluarkan uang. Karena, kamu tidak bisa mendapatkan perangkat Wattmeter secara gratis. Kamu perlu membeli sebuah Wattmeter.

Di Indonesia saat ini Wattmeter dijual dengan harga mulai dari Rp150.000 sampai Rp300.000 per unit. Kamu bisa menemukannya di toko online atau di toko listrik terdekat.

Cara penggunaan Wattmeter juga terbilang mudah. Kamu hanya perlu menyambungkan Wattmeter ke stop kontak atau colokan listrik yang ada di rumah, kemudian sambungkan komputer atau laptop yang ingin dicek dayanya ke Wattmeter.

Dari ketiga cara di atas, yang paling direkomendasikan adalah cara yang terakhir atau yang menggunakan Wattmeter. Karena, metode yang menggunakan Wattmeter merupakan cara yang paling akurat. Daya yang digunakan komputer atau laptop ditampilkan secara langsung dan terhubung dengan instalasi listrik pada saat itu juga.

Manfaat Mengetahui Penggunaan Daya Listrik oleh Komputer atau Laptop

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengetahui seberapa besar daya yang dipakai oleh komputer atau laptop.

Manfaat yang pertama adalah kamu dapat menghitung tagihan listrik untuk komputer atau laptop kamu sendiri. Dengan mengetahui daya yang digunakan untuk PC , kamu bisa mengetahui PC memakai daya berapa persen dari total keseluruhan daya listrik di rumah kamu.

Dari informasi tersebut, kamu jadi bisa menilai apakah kamu terlalu sering menggunakan PC kamu atau malah sangat jarang. Kamu juga bisa mengambil keputusan apakah harus lebih menghemat atau menambah dana untuk tagihan listrik.

Selain itu, mengetahui daya yang dibutuhkan komputer atau laptop sangat penting untuk upgrade PC. Karena, sebelum membeli perangkat atau hardware baru untuk upgrade PC, kamu harus memperhitungkan terlebih dahulu apakah daya listrik rumah kamu masih kuat menampungnya atau tidak.

Jika tenaga listrik rumah kamu tidak kuat, maka kemungkinan akan terjadi mati listrik. Solusinya adalah kamu harus menggunakan perangkat komponen yang lebih hemat daya.

Begitulah cara mengetahui daya yang dipakai komputer atau laptop dengan mudah. Sekarang, kamu tahu seberapa besar listrik yang dibutuhkan oleh PC kamu.