5 Cara Kunci dan Membuat Password Partisi Harddisk di Windows 10, 7, 8, 8.1

  • 4 min read
  • Jun 27, 2019
Cara Mengunci dan Mengenkripsi Partisi Hardisk di Windows 10

Dalam Windows 10, biasanya terdapat beberapa partisi harddisk yang tersedia dan siap digunakan. Partisi harddisk juga biasa disebut dengan disk drive. Di dalam partisi harddisk ini, banyak sekali data-data yang tersimpan. Data-data tersebut bisa berupa file sistem Windows 10 atau bahkan data pribadi kita sendiri sebagai pemilik komputer. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengunci harddisk dan cara membuat password harddisk di Windows 10.

Tentu saja kita tidak mau semua orang bisa dengan bebas membuka dan melihat data pribadi yang tersimpan di dalam partisi harddisk. Karena setiap orang mempunyai privasinya masing-masing.

Sebenarnya ada cara untuk menyembunyikan file pribadi dengan mudah. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur hidden folder. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menyembunyikan file dan folder pribadi.

Cara menggunakan fitur hidden folder sangat mudah. Pilih salah satu file atau folder, klik kanan > pilih Properties. Akan muncul jendela properti, pada tab General, terdapat pilihan Attributes. Centang attributes Hidden lalu tekan tombol Apply kemudian OK.

Tetapi, seiring perkembangan zaman tentu saja cara ini tidak dapat dipakai lagi karena keamanannya yang sangat rentan.

Maka, solusinya adalah dengan mengunci dan memberi password partisi harddisk yang dikehendaki.

Cara Mengunci dan Membuat Password Partisi Harddisk

Dengan mengunci partisi harddisk di Windows 10, maka kamu tidak perlu repot mengunci dokumen pribadi satu per satu. Cukup kunci partisi harddisk-nya maka semua file, folder, dokumen dan data di dalamnya akan ikut terkunci dan ter-password.

Tersedia berbagai cara untuk melakukan hal ini. Ada cara yang tidak menggunakan software apapun dan ada juga cara yang memerlukan instalasi software tambahan dari pihak ketiga.

Berikut 5 cara mengunci dan membuat password partisi harddisk di Windows 10.

#1 BitLocker

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan fitur bawaan Windows 10 sendiri yang bernama BitLocker.

BitLocker sudah tersedia bahkan sejak Windows Server 2000 hingga Windows 10 versi yang terbaru sekarang ini. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunci drive yang diinginkan dengan password yang kamu buat sendiri. Selain itu, partisi yang dikunci menggunakan BitLocker juga akan di-password secara otomatis. Jadi, tingkat keamanannya sangat tinggi.

Untuk mulai mengunci partisi harddisk menggunakan BitLocker, ikuti penjelasan berikut.

Buka File Explorer, dan pilih salah satu partisi harddisk yang ingin dikunci. Klik kanan pada partisi harddisk > Turn On BitLocker.

Cara Mengunci dan Mengenkripsi Partisi Hardisk Dengan BitLocker

Akan muncul jendela baru tentang pengaturan penguncian partisi dengan BitLocker. Kamu disuruh memilih cara membuka kunci partisi harddisk yang diinginkan. Centang opsi Use a password to unlock the drive untuk membuka kuncinya dengan menggunakan password yang kamu buat sendiri.

Buat password dan konfimasi password. Buatlah password yang aman dengan menggunakan kombinasi karakter angka, huruf besar dan huruf kecil. Klik Next jika sudah.

Selanjutnya, pilih cara backup recovery key. Pilih salah satu opsi yang kamu inginkan. Recovery key ini digunakan ketika kamu lupa password suatu saat nanti. Setelah itu klik Next.

Cara Mengunci dan Mengenkripsi Partisi Hardisk Dengan BitLocker

Sekarang pilih seberapa banyak penyimpanan yang ingin di-password. Ada 2 opsi, opsi yang pertama, Encrypt used disk space only berarti hanya membuat password untuk penyimpanan yang digunakan saja. Prosesnya lebih cepat dan cocok untuk komputer atau partisi baru.

Sementara opsi yang kedua, Encrypt entire drive akan mem-password seluruh isi partisi dan akan memakan waktu yang lebih lama. Tapi cocok untuk komputer atau partisi yang sudah digunakan.

Pilih salah satu, dan klik Next.

Cara Mengunci dan Mengenkripsi Partisi Hardisk Dengan BitLocker

Jika kamu sudah siap, kamu bisa langsung menekan tombol Start encrypting untuk memulai proses penguncian dan pembuatan password drive. Waktu yang diperlukan tergantung pada ukuran drive yang dikunci. Biasanya sampai 1-2 jam atau lebih.

Cara Mengunci dan Mengenkripsi Partisi Hardisk Dengan BitLocker

Setelah selesai prosesnya, klik tombol Close. Langkah terakhir adalah restart PC.

Setelah di-restart, BitLocker segera bekerja. Partisi harddisk yang sudah dibuat password-nya tadi akan terkunci dan kamu harus memasukkan password yang benar untuk mengaksesnya.

Kamu bisa mengubah pengaturan BitLocker dan menonaktifkannya melalui Control Panel > System and Security > BitLocker Drive Encryption. BitLocker juga bisa digunakan untuk mengunci dan membuat password pada USB flash drive dan harddisk external.

Cara Mengunci dan Mengenkripsi Partisi Hardisk Dengan BitLocker

Sampai sekarang, ini adalah cara yang paling direkomendasikan dan paling mudah.

#2 VeraCrypt

Cara Mengunci dan Mengenkripsi Partisi Hardisk Dengan VeraCrypt

VeraCrypt adalah software pengunci dan pembuat password partisi harddisk yang bersifat open source dan bisa bekerja di semua versi Windows.

Download VeraCrypt

Install VeraCrypt seperti biasa di Windows 10. Dan berikut tutorial cara memberi password harddisk Windows 10 dengan VeraCrypt.

  1. Buka VeraCrypt.
  2. Klik menu System > Encrypt System Partition/Drive untuk membuat password partisi harddisk.
  3. Pilih tipe pembuatan password Normal dan klik Next.
  4. Sekarang tentukan partisi harddisk yang akan di-password. Opsi Encrypt the Windows system partition hanya akan mem-password partisi harddisk tempat instalasi sistem operasi Windows. Sementara opsi Encrypt the whole drive akan mem-password semua partisi. Jika sudah klik Next.
  5. Selanjutnya, pilih opsi Single-boot jika kamu hanya menggunakan sistem operasi Windows. Pilih Multi-boot jika kamu menggunakan lebih dari 1 sistem operasi. Klik Next jika sudah.
  6. Akan muncul pengaturan pembuatan password, biarkan default saja dan klik Next.
  7. Masukkan password dengan minimal 20 karakter dan konfirmasi. Klik Next.
  8. Sekarang, gerakkan mouse secara acak pada jendela yang tersedia. Klik Next.
  9. VeraCrypt akan membuat kunci password yang telah dibuat. Klik Next untuk melanjutkan.
  10. Selanjutnya VeraCrypt akan membuat VeraCrypt Rescue Disk yang berfungsi jika nanti suatu saat kamu tidak bisa booting seperti biasa. Tentukan lokasi Rescue Disk dan klik Next.
  11. Dan pengaturan yang terakhir adalah VeraCrypt Wipe Mode. Jika kamu mempunyai data pribadi yang sangat sensitif, setidaknya pilih opsi 1-pass (random data). Tetapi hal ini akan menambah waktu proses penguncian. Pilih None (fastest) jika ingin proses penguncian lebih cepat. Klik Next jika sudah.
  12. VeraCrypt akan mulai proses penguncian. Setelah selesai, restart PC. Pada saat booting kamu akan diminta untuk memasukkan password VeraCrypt agar bisa mengakses file dan folder yang dikunci.

Cara membuat password partisi harddisk dengan VeraCrypt lebih panjang dan lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan BitLocker. Tetapi cara ini bisa kamu jadikan sebagai alternatif jika Windows kamu tidak mempunyai fitur BitLocker.

#3 7-Zip

Cara Mengunci dan Mengenkripsi Partisi Hardisk Dengan 7-Zip

Umumnya, 7-Zip merupakan software file archiever sama seperti WinRAR. Hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil, sekitar 2MB dan bisa didapatkan secara gratis. Tetapi 7-Zip juga mempunyai kemampuan membuat password.

Download 7-Zip

7-Zip bisa membuat password file-file pribadi atau bahkan disk drive sekalipun. Cara membuat password dengan 7-Zip bisa dilakukan dengan klik kanan partisi harddisk > 7-Zip > Add to archieve. Lalu, pada pengaturan Encryption, masukkan password dan centang opsi Encrypt file names dan klik tombol OK.

#4 AxCrypt

AxCrypt merupakan software pembuat password yang didesain sederhana, efisien dan mudah digunakan. Tetapi, kekurangannya adalah AxCrypt hanya bekerja pada file individual saja. Jadi, jika kamu ingin membuat password partisi harddisk dengan AxCrypt, maka kamu perlu membuat salinan partisi harddisk tersebut dan dijadikan file zip. Barulah di-password menggunakan AxCrupt.

Download AxCrypt

Software AxCrypt ini sudah terintegrasi dengan Windows shell, memudahkan kamu untuk membuat password file dengan klik kanan pada file tersebut. Fitur dekripsi otomatis setelah mencapai batas waktu yang kamu atur juga tersedia di dalam AxCrypt.

#5 GNU Privacy Guard (GnuPG)

Aplikasi GnuPG mempunyai dukungan pada berbagai tipe password. GnuPG juga bisa membuat password untuk file individual, image disk, disk drive atau bahkan external disk.

Namun, GnuPG berbasis command line interface. Tapi, banyak aplikasi GnuPG yang berbasis GUI. Salah satunya adalah aplikasi berbayar Gpg4win.

Itulah 5 cara membuat password file dan harddisk di Windows 10. Cara yang paling direkomendasikan saat ini adalah dengan menggunakan BitLocker.

Dengan mengetahui cara mengunci dan membuat password partisi harddisk di Windows 10, sekarang privasimu akan terjaga dengan baik.