Cara Install Ulang Windows 10 (Panduan Lengkap + Gambar)

Cara Install Ulang Windows 10

Melakukan install ulang Windows 10 hampir sama seperti melakukan install ulang Windows 7 dan 8. Hanya file instalasi saja yang membedakan. Meng-install Windows 10 baik di laptop maupun di komputer sebenarnya cukup mudah jika sudah terbiasa.

Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu caranya dan akhirnya membawa notebook atau laptop-nya ke service center hanya untuk melakukan install ulang dan mengeluarkan biaya ratusan ribu rupiah. Padahal, jika kita tahu cara install ulang Windows 10 kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membawanya ke tempat service.

Ada banyak alasan yang mengharuskan sebuah laptop atau komputer untuk di-install ulang. Masalah yang paling banyak ditemui adalah karena adanya virus. Atau bisa jadi masalah yang lainnya. Pada artikel kali ini TipSaku akan memberi tahu tutorial cara install ulang Windows 10.

Media Install Ulang Windows 10 (dengan CD/DVD/flashdisk)

Sebelum memulai install ulang, kamu memerlukan sebuah media instalasi. Media instalasi ini berisi file Windows 10 yang akan di-install. Kamu bisa menggunakan CD/DVD berisi file instalasi Windows 10 yang sudah kamu beli. Atau kamu juga bisa menggunakan bootable flashdisk yang berisikan file ISO Windows 10.

Media install ulang yang paling sering digunakan adalah bootable flashdisk. Jadi, kamu memerlukan flashdisk dengan kapasitas sesuai dengan besarnya file ISO Windows 10. Dan tentunya kamu juga harus men-download file ISO Windows 10 nya.

Kamu bisa mencari di internet cara membuat bootable flashdisk untuk install ulang Windows 10. Jika sudah membuat bootable flashdisk, kamu bisa memulai install ulang.

Cara Install Ulang Windows 10

Sebelum memulai, disarankan agar kamu mengetahui terlebih dahulu drive mana yang menjadi tempat penyimpanan file sistem laptop atau komputer kamu. Dan seberapa besar kapasitasnya, karena nantinya kamu akan mem-format drive ini untuk membersihkan laptop kamu pada saat install ulang.

Jika sudah siap, silakan masukkan bootable flashdisk yang sudah dipersiapkan pada slot USB laptop atau komputer yang akan di-install ulang. Selanjutnya, kamu perlu mengubah pengaturan BIOS agar memilih flashdisk sebagai media utama saat booting.

Atur Booting di BIOS

Untuk masuk ke BIOS, silakan restart laptop kamu dan tekan tombol BIOS pada saat logo merk laptop muncul. Masing-masing laptop biasanya memiliki tombol BIOS yang berbeda. Tetapi, yang paling umum adalah F2, Delete, dan F12. Kamu bisa mencari di internet bagaimana mengubah pengaturan BIOS sesuai merk laptop kamu agar menjalankan flashdisk sebagai media utama saat booting sehingga kamu dapat melakukan proses install ulang Windows 10.

Setelah selesai mengubah pengaturan BIOS, restart laptop. Maka, akan muncul jendela seperti di bawah ini. Tekan tombol apa saja untuk memulai install ulang Windows 10.

Booting Dari Flashdisk

Lalu akan muncul pengaturan Windows Setup, silakan ubah Time and Currency menjadi Indonesia seperti gambar di bawah ini. Klik tombol Next.

Windows Setup

Jika muncul license terms dari Microsoft, maka centang opsi I accept the license terms dan klik tombol Next.

Dan jika muncul pertanyaan Which type installation do you want? Pilih opsi Custom. Ada 2 pilihan, yaitu Upgrade dan Custom. Upgrade berarti kamu akan meng-upgrade versi Windows dari yang sebelumnya, misalnya dari Windows 8 ke Windows 10. Semua aplikasi dan file kamu tidak akan hilang jika memilih opsi ini.

Sementara Custom berarti kamu akan meng-install Windows 10 mulai dari awal dan kehilangan semua aplikasi. Karena kita akan melakukan install ulang dari awal, maka pilih opsi Custom.

Selanjutnya muncul pengaturan partisi harddisk. Akan ditampilkan beberapa partisi yang ada pada laptop kamu.

Yang harus kamu lakukan sekarang adalah mem-format drive yang berisikan file sistem. Biasanya, drive C: menjadi drive penyimpanan semua file sistem dan aplikasi. Pilih drive C: lalu klik tombol Format. Lalu pilih lagi drive C: yang baru saja diformat, kemudian klik tombol Next.

Format Drive C

Maka proses instalasi Windows 10 dimulai. Kecepatan proses instalasi di sini tergantung pada spesifikasi laptop yang kamu gunakan. Tunggu sampai selesai dan laptop akan restart secara otomatis.

Pada saat laptop akan menyala kembali, masuk ke pengaturan BIOS dan ubah kembali ke default. Atau kamu juga bisa dengan mencabut flashdisk yang digunakan tadi. Dan tunggu proses selanjutnya hingga selesai. Mungkin laptop melakukan beberapa kali restart otomatis, itu normal dan tunggu saja sampai selesai.

Jika sudah selesai, akan muncul beberapa pengaturan seperti konfirmasi lokasi. Lalu akan muncul pertanyaan How would you like to set up? Akan ada 2 pilihan, yaitu Set up for personal use dan Set up for an organization. Silakan sesuaikan dengan penggunaan laptop. Jika kamu menggunakan laptop pribadi, pilih opsi pertama. Jika kamu menggunakan laptop sekolah atau kantor, pilih opsi kedua.

Pilihan Penggunaan

Selanjutnya kamu akan disuruh untuk sign in dengan menggunakan akun Microsoft kamu. Pastikan bahwa laptop kamu terkoneksi dengan internet sebelum sign in. Silakan masukkan akun dan password untuk sign in.

Sign in Akun Microsoft

Jika laptop kamu tidak terkoneksi dengan internet, maka kamu bisa memilih opsi untuk membuat akun lokal. Pilih opsi Offline account dan isikan semua form yang disediakan.

Kamu juga akan diminta untuk membuat sebuah PIN (Personal Identification Number). PIN ini akan menjadi salah satu opsi selain memasukkan password akun untuk masuk ke desktop nantinya. Tekan tombol Create PIN dan isikan PIN dengan kombinasi nomor yang mudah kamu ingat. Jika sudah selesai, klik OK.

Buat PIN

Selanjutnya akan muncul tawaran Link your phone and PC. Pengaturan ini memungkinkan kamu untuk menyinkronkan laptop dengan smartphone kamu. Untuk saat ini, lewati dulu pengaturan ini untuk mempercepat waktu install ulang Windows 10. Klik opsi Do it later. Akan muncul juga tawaran untuk terkoneksi dengan OneDrive, sama seperti sebelumnya, lewati dulu pengaturan ini. Pilih opsi Only save files to this PC.

Setelah itu, tunggu beberapa saat. Windows akan melakukan beberapa pengaturan terakhir. Pastikan kamu tidak mematikan laptop atau komputer kamu dan pastikan juga baterainya mencukupi.

Cara Install Ulang Windows 10

Setelah beberapa saat, kamu akan melihat desktop Windows 10. Selamat! kamu sudah berhasil melakukan install ulang Windows 10.

Apa Yang Harus Dilakukan Selanjutnya?

Setelah selesai menginstall ulang Windows 10, silahkan cek kembali file-file dan dokumen pribadi kamu. Yang jelas, semua aplikasi dan file yang berada di drive C: akan terhapus karena drive C: nya telah diformat.

Sekarang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah meng-update dan meng-install semua driver untuk laptop kamu. Biasanya, pada setiap pembelian laptop akan diberikan sebuah DVD yang berisikan file-file instalasi driver yang kompatibel. Silakan install semua driver dari DVD tersebut. Jika tidak ada, maka kamu bisa mengunjungi website resmi merk laptop kamu dan biasanya disediakan juga driver yang sesuai dengan tipe laptop. Pastikan kamu meng-install dan meng-update semua driver agar laptop kamu dapat bekerja dengan maksimal.

Kamu juga bisa kembali menginstall aplikasi-aplikasi yang biasa kamu gunakan sehari-hari. Jangan lupa juga untuk selalu mengaktifkan Windows Defender agar laptop kamu terhindari dari virus.


Itulah cara install ulang Windows 10. Jika terjadi masalah yang serius pada laptop kamu dan mengharuskan untuk install ulang, maka kamu dapat melakukannya sendiri di rumah tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Tags: #install ulang #windows 10

10 Aplikasi Terbaru Nonton Film Drama Korea
10 Aplikasi Terbaru Nonton Film Drama Korea
Tipsaku – kali ini akan membahas beberapa
2 Cara Membuat Akun SSH Gratis 2020
2 Cara Membuat Akun SSH Gratis 2020
Tipsaku – Cara membuat akun SSH, biasanya
9 Filter Instagram Untuk Hari Valentine
9 Filter Instagram Untuk Hari Valentine
Tipsaku – 9 Filter instagram yang dapat
9 Trik Tersembunyi Whatsapp yang wajib kamu ketahui
9 Trik Tersembunyi Whatsapp yang wajib kamu ketahui
Tipsaku.id – 9 Trik Tersembunyi Whatsapp yang

Leave a reply "Cara Install Ulang Windows 10 (Panduan Lengkap + Gambar)"

Must read×

Top