Cara agar WhatsApp Tidak Kompres Gambar yang Kamu Upload

Cara Upload Gambar di WhatsApp agar Tidak Dikompress

WhatsApp adalah salah satu media chatting yang paling banyak di-install dan digunakan oleh pengguna smartphone saat ini. Sayangnya, gambar yang dikirim dan di-upload ke WhatsApp akan dikompres secara otomatis. Bagi kamu yang tidak ingin hal ini terjadi maka kamu wajib mengetahui cara agar WhatsApp tidak kompres gambar yang kamu upload.

Bukan tanpa alasan WhatsApp menjadi sangat populer dan menarik minat banyak pengguna. WhatsApp mempunyai desain interface yang bagus, user-friendly dan mudah digunakan.

Oleh karena itu dari hari ke hari pengguna WhatsApp terus bertambah hingga sekarang. Namun, ada satu kekurangan yang terdapat pada aplikasi WhatsApp dan tak jarang pula banyak pengguna yang mengeluhkan kekurangan tersebut. Hal tersebut adalah WhatsApp mengkompres gambar yang kamu upload.

Upload Gambar di WhatsApp

Setiap kali kamu meng-upload gambar atau foto di WhatsApp, baik mengirimnya ke pengguna lain maupun pada saat membuat status, maka gambar tersebut akan dikompres.

Jika kamu belum tahu cara upload gambar di WhatsApp, berikut salah satu cara upload gambar di WhatsApp dengan mengirimkan gambar atau foto ke pengguna lain.

Download WhatsApp di Google Play Store

Download dan install aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Kemudian daftar atau login menggunakan nomor HP yang aktif dan sedang kamu gunakan sekarang.

Buka WhatsApp. Tekan tombol chat baru berwarna hijau yang ada di kanan bawah. Pilih salah satu pengguna dari daftar kontak WhatsApp yang sudah tersimpan di smartphone kamu.

Pada jendela chat, tekan tombol kamera untuk mengambil atau memilih gambar untuk dikirim.

Cara Upload Gambar di WhatsApp

Ambil gambar atau pilih salah satu gambar terbaru dari galeri. Tambahkan caption jika diperlukan dan tekan tombol kirim dengan simbol pesawat kertas untuk mengirim gambar.

Setelah itu gambar akan terkirim secara otomatis.

Selain mengirim gambar atau foto ke pengguna lain, kamu juga bisa meng-upload gambar ke WhatsApp melalui status.

Berikut cara upload gambar ke status WhatsApp.

Buka WhatsApp dan beralih ke tab Status. Tekan tombol kamera berwarna hijau yang ada di bagian bawah kanan untuk membuat status baru dan meng-upload foto atau gambar.

Sekarang, kamera smartphone kamu akan terbuka secara otomatis. Kamu bisa mengambil foto baru atau memilih salah satu gambar yang ada di galeri untuk di-upload. Setelah memilih. tekan tombol kirim yang bersimbol pesawat kertas.

BACA JUGA:  Cara Download Video 4K, 8K, VR 360° di YouTube dengan Mudah

Maka gambar tersebut akan di-upload ke WhatsApp dan dijadikan sebagai status baru.

Sekarang coba kamu bandingkan gambar yang sebelum dan sesudah di-upload. Akan terlihat kualitas gambar yang berbeda. Kualitas gambar asli terlihat lebih jernih dan lebih bagus dibandingkan kualitas gambar yang sudah di-upload.

Kualitas gambar berkurang dibandingkan ketika sebelum di-upload ke WhatsApp. Jadi, kesimpulannya adalah meng-upload gambar ke WhatsApp akan mengurangi kualitas gambarnya.

Alasan Gambar yang Di-upload ke WhatsApp Dikompres

Dari penjelasan di atas, kita tahu WhatsApp akan mengkompres semua gambar yang kamu upload sebelum dikirim sehingga kualitas gambarnya akan menurun.

Gambar dan foto yang dikompres WhatsApp akan menjadi gambar buram yang kualitasnya jauh dengan gambar atau foto original sebelum dikompres. Tapi, WhatsApp melakukan hal ini bukan tanpa alasan.

Ada beberapa alasan kenapa WhatsApp meng-upload gambar dengan mengurangi kualitasnya.

Dengan mengurangi kualitas sebuah gambar maka akan mempengaruhi ukurannya juga. Gambar dengan kualitas yang bagus dan tinggi memiliki file size yang besar. Begitupun sebaliknya. Jadi, semakin bagus kualitas gambar maka semakin besar juga ukurannya.

WhatsApp mengkompres gambar yang di-upload dan menurunkan kualitasnya bertujuan agar ukuran gambarnya menjadi lebih kecil. Dengan ukuran gambar yang lebih kecil, maka kuota data atau kuota internet yang diperlukan penerima gambar untuk menerima dan men-download gambar tersebut juga lebih kecil.

Selain itu, dengan file size gambar yang sudah dikompres dan lebih kecil, maka tidak akan terlalu memakan tempat di ruang penyimpanan smartphone penerima gambar.

Dengan kualitas dan ukuran gambar yang kecil juga memudahkan pengguna lain pada saat melihat status yang berupa gambar. Gambar yang dikompres dan di-upload ke status WhatsApp akan lebih cepat dimuat oleh pengguna lain.

Hal tersebut banyak memudahkan pengguna. Karena pengguna tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menerima dan men-download gambar, juga ketika melihat status pengguna lain.

Jadi, alasan WhatsApp meng-upload gambar dengan mengurangi kualitasnya adalah untuk memperkecil konsumsi kuota internet pengguna dan juga memperkecil ukuran gambarnya.

Alasan Pengguna Ingin Meng-upload Gambar Asli di WhatsApp Tanpa Dikompres

Tetapi, tidak semua orang bisa menerima hal itu. Karena, dalam beberapa kondisi pengguna perlu mengirim dan menerima gambar dengan kualitas original yang benar-benar asli, bagus dan jernih.

Misalnya dalam hal urusan bisnis atau administrasi. Pelaku bisnis dan bidang administrasi pasti sering menggunakan WhatsApp dan sering juga mengirim serta menerima gambar. Tapi gambar yang dikirim dan diterima harus mempunyai kualitas yang bagus.

BACA JUGA:  7 Cara Menggunakan/Bayar Pakai OVO (Lengkap)

Walaupun sekarang terdapat banyak aplikasi lain yang bisa mengirim dan menerima gambar dengan kualitas asli, tetapi orang-orang masih lebih suka menggunakan WhatsApp dan tidak ingin beralih menggunakan aplikasi lain.

Karena WhatsApp digunakan oleh banyak orang dan hampir setiap pengguna smartphone pasti mempunyai aplikasi WhatsApp. WhatsApp juga merupakan salah satu aplikasi yang sering dibuka dan digunakan. Oleh karena itu pengguna lebih ingin menggunakan WhatsApp untuk meng-upload gambar.

Bahkan tidak jarang juga banyak pengguna yang mencari-cari cara mematikan fitur kompres gambar di WhatsApp. Sayangnya sampai sekarang fitur tersebut tidak ada.

Cara Upload Gambar Original di WhatsApp Agar Tidak Dikompres

Walaupun tidak ada fitur khusus untuk meng-upload gambar original di Whatsapp tanpa dikompres, tetapi ada cara untuk melakukannya.

Cara upload gambar original di WhatsApp agar tidak dikompres adalah dengan mengirimnya menggunakan fitur Attachment atau dengan kata lain mengirimnya sebagai file dokumen.

Berikut cara upload gambar asli di WhatsApp agar tidak dikompres.

Buka WhatsApp dan buka chat bersama pengguna yang akan menerima gambar.

Tap pada ikon Attachment atau Lampiran yang mempunyai simbol penjepit kertas. Letaknya berada tepat di sebelah kiri tombol kamera untuk mengirim gambar di dalam chat.

Akan muncul beberapa opsi file media yang bisa di-upload. Pilih Dokumen atau Document.

Sekarang file manager akan terbuka dan akan tampil beberapa file yang di dalam smartphone kamu. Pilih menu Browse other docs… untuk mencari gambar yang ingin kamu upload.

Cara Upload Gambar di WhatsApp agar Tidak Dikompress

Setelah gambar yang ingin di-upload sudah kamu temukan, tap pada gambar tersebut dan jika ada konfirmasi pilih opsi Send atau Kirim.

Gambar tersebut akan di-upload sebagai file dokumen dan tidak akan dikompres. Walaupun dikirim dan dianggap sebagai dokumen, tetapi gambar masih tetap bisa dibuka dan kualitasnya juga tidak menurun.

Dengan menggunakan cara di atas, kita bisa mengirim foto maupun gambar di WhatsApp dengan kualitas dan file size original.


Begitulah cara meng-upload dan mengirim gambar di WhatsApp agar tidak dikompres. Sekarang kamu bisa mengirim gambar ke teman-teman kamu dengan kualitas yang jernih tanpa khawatir gambar buram.

You May Also Like

Cara Menghemat Kuota di Instagram

10 Tips dan Trik Menggunakan Instagram di Android/iPhone

Menggunakan Banyak Akun WhatsApp Web di Komputer yang Sama

7 Tips dan Trik Menggunakan WhatsApp Web

Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC atau Laptop

5 Cara Menggunakan WhatsApp Web di PC/Laptop/Smartphone Android/iPhone

Cara Menonton Video 360 Derajat di YouTube

Cara Download Video 4K, 8K, VR 360° di YouTube dengan Mudah

Leave a Reply

avatar
240
  Subscribe  
Notify of