5 Aplikasi Prediksi Banjir agar Kamu Aman dan Tetap Waspada

  • 3 min read
  • Feb 27, 2020
Aplikasi Prediksi Banjir 2020

Banjir merupakan sebuah bencana yang selalu datang dan masih menghantui masyarakat Indonesia, terutama daerah yang dekat dengan sumber air seperti sungai dan dataran rendah. Lalu bagaimana dengan perkembangan teknologi yang terus meningkat setiap waktunya. Apakah sudah ada aplikasi prediksi banjir supaya masyrakat bisa meminimalkan kerugian baik dari segi materil dan imateril.

Sepertinya kamu harus berbahagia karena ternyata sudah ada beberapa aplikasi prediksi banjir yang bisa diunduh ke smartphone. Kamu hanya perlu membuka aplikasi tersebut lalu membaca prediksi yang akan diupdate dengan sedemikian rupa agar bisa akurat.

Sepertinya langsung saja, apa dan bagaimana sih aplikasi pemantau banjir yang dimaksud oleh TipsAku.id, simak uraian di bawah ini!

1. Pantau Banjir

Aplikasi Prediksi di Jakarta Banjir 2020
Aplikasi Prediksi di Jakarta Banjir 2020

Ini merupakan sebuah aplikasi yang telah dikembangkan langsung oleh Pemprov DKI Jakarta. Aplikasi ini mempunyai fungsi untuk mengetahui informasi ketinggian di pintu air, kondisi siaga, dan bahkan status dari pompa air yang bisa dioperasikan.

Kamu dapat mengunduhn lalu menginstal aplikasi tersebut di smartphone dengan sangat mudah. Di halaman depan aplikasi ini, kamu bisa melihat beberapa daerah yang terkena dampak banjir.

Dalam menu ‘Pintu Air’, kamu bisa melihat sejumlah pintu air yang terletak di Jakarta beserta dengan status-statusnya agar bisa memprediksikan datangnya banjir.

Ada pula menu ‘Pos Pengamatan’ yang memberikan berbagai pos pengamatan dilengkapi dengan status debit air yang telah diamati. Lalu juga ada menu ‘Pompa Air’ di daerah Jakarta yang dioperasikan. Aplikasi menghindari banjir ini bisa dibilang cukup lengkap dan detail.

2. Peta Bencana

Aplikasi Prediksi Banjir 2020
Aplikasi Prediksi di Jakarta Banjir 2020

Sebuah aplikasi pemantaun banjir yang bisa kamu dapatkan dengan mengunduhnya di smartphone. Kamu akan bisa mendapatkan titik-titik daerah yang terkena dampak banjir.

Aplikasi pemantau banjir ini dikembangkan oleh Yayasan Peta Bencana untuk platform gratis bagi masyarakat untuk bisa menghindari musibah banjir.

Uniknya, aplikasi ini memanfaatkan real time kicauan di twitter untuk dikonversikan menjadi informasi yang sangat penting bagi masyarakat.

3. Google Maps

Aplikasi Prediksi Banjir dengan google Maps
Aplikasi Prediksi Banjir dengan google Maps

Siapa yang tidak mengetahui Google Maps, sebuah aplikasi paling andalan untuk mencari lokasi atau alamat. Namun siapa sangka kalau Google Maps juga menyediakan fitur untuk melakukan pemantauan daerah banjir. Jadi bisa dibilang kalau Google Maps merupakan salah satu aplikasi menghindari banjir yang cukup efektif.

Apalagi kamu tidak perlu repot-repot melakukan pengunduhan lagi karena tentu saja di setiap smartphone akan menggunakan Google Maps di dalam perangkatnya.

Pada waktu dibuka, Google Maps akan secara otomatis memberitahukan kepada pengguna untuk daerah yang ditutup lantaran terdampak banjir.

Pengguna dapat melakukan zoom peta supaya melihat jalanan mana yang telah ditutup lantaran banjir. Pengguna juga turut mempunyai kemampuan untuk bisa memberikan informasi kepada pengguna lainnya tentang jalanan tersebut.

4. Peringatan Dini Banjir

Sebuah aplikasi terbaru yang bernama Peringatan Dini Banjir yang dikeluarkan oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu solusin untuk masyarakat agar bisa mempunyai aplikasi pemantau banjir.

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta membuat sebuah informasi terbaru tentang status tinggi muka air dari sungai-sungai yang ada di DKI Jakarta.

Fitur dari aplikasi tersebut juga sudah termasuk memberikan tampilan soal grafik tinggi muka air selama 24 jam belakang. dan dapat membantu kamu memprediksi banjir akan datang.

Selain itu, aplikasi ini juga akan memberikan informasi prakiraan cuaca di daerah Jabodetabek langsung dari laporan BMKG. Aplikasi prediksi banjir ini juga akan memberikan notifikasi mengenai status siaga dari pintu air.

Bahkan kerennya lagi, aplikasi ini juga tidak hanya menampilkan grafik muka air saja, namun juga memberikan tampilan CCTV pintu air.

Ada satu kekurangan dari aplikasi ini yaitu tentang fitur CCTV yang terkadang tidak bisa diakses karena permasalahan teknis yang belum diperbaiki.

5. Prakiraan Cuaca

Salah satu cara untuk memprediksikan datangnya banjir, tentu saja dari prakiraan cuaca yang bisa diketahui dari sejumlah aplikasi prakiraan cuaca.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kali ini TipsAku.id juga akan memberikan beberapa referensi aplikasi prakiraan cuaca yang bisa diunduh. Beberapa aplikasi prakiraan cuaca untuk prediksi banjir yang dimaksud adalah sebagai berikut:

a. Aplikasi Prediksi Banjir BMKG

Sebuah platform BMKG yang memang resmi secara nasional sudah dipercaya sebagai tempat mendapatkan informasi cuaca paling akurat dan terpercaya.

b. Aplikasi Prediksi Banjir Carot Weather

Sebuah aplikasi berbayar yang hanya tersedia di perangkat iOS dan kamu perlu membayar sekitar Rp69 ribu untuk mengunduhnya.

c. Aplikasi Prediksi Banjir Dark Sky – Hyperlocal Weather

Prakiraan cuaca dan suhu yang mengklaim bahwa telah memberikan kepada semua penggunanya. Aplikasi ini tersedia di PlayStore.

d. Weather Underground

Informasi kondisi cuaca di lingkungan kamu secara spesifik bisa didapatkan dengan mengunduh aplikasi bernama Weather Underground, dan ada lagi aplikasi prediksi banjir.

e. AccuWeather

Sebuah aplikasi yang berbaya senilai Rp41 ribu dan tersedia di App Store dan Play Store. Ada peringatan dini bila terjadi cuaca buruk di aplikasi ini.